Breaking News:

Soal Tsunami dan Gempa di Nias Berkekuatan 6,4 Magnitudo yang Baru Saja Terjadi, Ini Penjelasan BMKG

Gempa mengguncang sejumlah kawasan di Kepulauan Nias. Menurut BMKG, gempa terjadi di kawasan Barat Daya Nias dengan

TRIBUN MEDAN/HO
Peta lokasi pusat gempa yang dirilis BMKG. 

TRIBUN-MEDAN.com,NIAS--Sejumlah wilayah di Kepulauan Nias merasakan gempa yang cukup kuat pada hari ini, Selasa (20/4/2021).

Menurut informasi yang disampaikan pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sumber gempa berada di wilayah Barat Daya Nias.

Adapun kekuatan gempa mencapai 6,4 magnitudo.

Dari penjelasan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, lokasi persis gempa yang berlangsung pada pukul 06.58 WIB tadi itu berada sejauh 140 kilometer arah Barat Daya Nias dengan kedalaman 16 kilometer. 

Baca juga: Ingat Mbak You? Ramalannya Soal Bencana Gempa Sempat Bikin Geger, 3 Wilayah Terancam Amblas,Percaya?

"Kejadian dan parameter gempabumi yang terjadi hari ini di wilayah Barat Daya Nias diguncang gempa tektonik,"

"Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M=6,4 kemudian diupdate menjadi magnitudo M=6,1," kata Bambang Setiyo Prayitno dalam siaran persnya, Selasa (20/4/2021).

Bambang mengatakan, bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,17 LU dan 96,48 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 140 kilometer arah Barat Daya Nias, Sumatera Utara. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas tektonik pada Lempeng Samudera Hindia (uuter rise),"

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault)," kata Bambang.

Baca juga: Usai Gempa Beruntun, Kini Terjadi Longsor di Lintasan Ringroad Samosir, Pengendara Diimbau Waspada

Meski gempa bumi ini turut dirasakan masyarakat, karena getaran nyata dalam rumah, namun dia memastikan bahwa gempa tersebut tidak menunjukkan adanya potensi bencana tsunami

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved