Breaking News:

Pantau Jalur Kereta Api di Pakam, Anggota DPR RI Ini Singgung Soal Jalan Tol di Karo

Anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu tinjau jalur kereta di Lubukpakam dan singgung pembangunan tol di Karo

TRIBUN MEDAN/M ANIL RASYID
Anggota komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu menyambangi Stasiun Kereta Api Lubukpakam, Rabu (21/4/2021). Dalam kesempatan ini, Bob turut menyinggung tol di Karo.(TRIBUN MEDAN/M ANIL RASYID) 

TRIBUN-MEDAN.com,PAKAM--Anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu menyambangi Stasiun Kereta Api Lubukpakam.

Kegiatan ini merupakan kunjungan kerja, sekaligus upaya pemantauan jalur kerta di Lubukpakam.

"Hari ini kita kunjungan reses untuk melihat perkembangan pembangunan yamg sudah dianggarkan oleh Kementerian Perhubungan, mengenai beberapa jalur-jalur peningkatan kereta api yang sudah dianggarkan dari tahun 2017 hingga 2021," ujar Bob Andika di dampingi Direktur Keselamatan Kereta Api, Dedy Cahyadi, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: VIRAL Emak-emak Nekat Bawa Sepeda Motor Masuk Jalan Tol, Bayar Pakai E-Toll di Pintu Tol dan Lolos

Bob mengatakan, untuk tahun 2022 nanti akan ada peningkatan jalur kereta api yang akan menghidupkan angkutan Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang).

"Akan kita coba membahas peningkatan jalur kereta api dari Kisaran dan Membang Muda untuk menuju Rantau Perapat, agar jarak tempuh itu lebih singkat, begitu juga Medan-Belawan supaya agar hidup kembali angkutan Mebidang ini," ujar Bob.

Saat singgung apakah ada jalur kereta api yang akan dibangun ke Karo, Bob menuturkan, hingga saat masih memikirkan demand, jangan sampai anggaran menjadi sia-sia.

"Semuanya ini harus kita pikirkan demandnya.  Jangan kita sia-siakan anggaran negara ini, tapi tidak ada sektor hasil yang didapat," ujar Bob.

Baca juga: Jadi Pelopor Kereta Api Supercepat di Dunia, Ternyata Jepang Pakai Dana Utang Bangun Shinkansen

"Kita ada rencana juga mau membuat tol ke Karo, tapi kita harus hitung juga berapa anggaran jalan tol ke tanah Karo itu. Bagaimana juga nanti pengembaliannya,"

"Sedangkan kita lihat, beberapa jalur tol yang sudah dibangun sudah kita tawarkan pihak swasta. Kita pikir jangka panjang juga," sambungnya.

Selain anggaran yang besar, membangun jalan tol ke Karo menemui banyak halangan, seperti kontur tanah, dan rintangan perbukitan.

"Kita sudah hitung dengan kementrian PUPR membangun jalan tol ke Karo membutuhkan anggaran yang cukup besar karena kuntur tanahnya kita lihat perbukitan, tapi inikan sudah ditenderkan untuk pelebaran jalan,"

"Jadi hasil kunjungan saya ini, saya akan menampung aspirasi, bahwasanya Sumut ini supaya mendapat pembangunan yang merata," ujar Bob Andika Mamana Sitepu. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved