News Video

Pastikan Stok Bahan Pangan Selama Ramadan, Tim Satgas Pangan Polres Tanah Karo Pantau ke Bulog

Usai melakukan pendataan di gudang tersebut, tim langsung bergerak ke kantor Perum Bulog Kabanjahe, yang ada di Jalan Jamin Ginting, Desa Ketaren

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: heryanto

Pastikan Stok Bahan Pangan Selama Ramadan, Tim Satgas Pangan Polres Tanah Karo Pantau ke Bulog

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Untuk memastikan ketersediaan bahan pangan di masa bulan Ramadan, Tim Satuan Tugas (Satgas) pangan dari Polres Tanah Karo, melakukan pemantauan lansung ke lapangan. Kali ini, tim melakukan pemantauan dan pendataan langsung ke Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabanjahe.

Kanit Tipiter Polres Tanah Karo Ipda Sarma Rajagukguk, menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan langkah pengecekan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok untuk masyarakat selama Ramadhan. Dirinya mengatakan, selain stok pangan pihaknya juga melakukan pengecekan bagaimana harga bahan pokok yang ada di Bulog.

"Kita dari tim Satgas Pangan, melakukan pengecekan ketersediaan stok bahan pangan. Dan kita juga mengecek harga yang ada, hingga memasuki lebaran nanti," ujar Sarma, Jumat (23/4/2021).

Amatan www.tribun-medan.com, pemantauan pertama kali dilakukan di gudang Perum Bulog yang ada di Jalan Jamin Ginting, Desa Sumbul, Kabanjahe. Di sana, tim langsung berkoordinasi dengan pihak Perum Bulog untuk mendapatkan informasi mengenai ketersediaan stok bahan pangan yang ada.

Di gudang tersebut, selain melakukan pendataan tim juga melihat langsung kondisi mana saja barang bahan pokok yang ada di sana. Di dalam gudang yang ukurannya cukup luas ini, tampak tumpukan beras tersusun rapih dengan dua macam kualitas yaitu premium dan medium.

Usai melakukan pendataan di gudang tersebut, tim langsung bergerak ke kantor Perum Bulog Kabanjahe, yang ada di Jalan Jamin Ginting, Desa Ketaren, Kabanjahe. Diketahui, pemantauan dilanjutkan ke kantor Bulog, dikarenakan di sini ada beberapa jenis bahan pokok lainnya yang tidak ada di gudang. Seperti minyak goreng, gula, serta tepung terigu.

Sarma menjelaskan, dari hasil pemantauan dan pengecekan lansung ke dua lokasi ini pihaknya mendapatkan informasi jika ketersediaan bahan pokok ini cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat. Bahkan, tak hanya di masa bulan Ramadan saja, stok bahan pangan ini juga cukup untuk lebaran Idul Fitri mendatang.

"Hasil yang kita lihat, menurut keterangan dari Bulog bahwa beras dan gula cukup untuk kebutuhan masyarakat dua bulan ke depan, begitu juga dengan tepung dan minyak. Dan untuk harganya juga, Bulog memastikan tidak ada perubahan sampai lebaran nanti," katanya.

Di tempat serupa, Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Kabanjahe Muhammad Iqbal, juga mengungkapkan hal yang tidak jauh berbeda. Dirinya menjelaskan, untuk ketersediaan bahan pokok yang ada di gudang Bulog Kabanjahe, ada beberapa jenis.

Dirinya mengungkapkan, untuk beras sendiri sebanyak 500 ton yang terdiri dari dua jenis yaitu premium dan medium. Kemudian, stok gula yang ada sebanyak 25 ton, selanjutnya untk minyak goreng sebanyak 791 liter.

"Stok kita masih cukup hingga dua bulan ke depan. Tapi jumlah ini masih dapat berubah, karena disesuaikan dengan kebutuhan dari masyarakat itu sendiri," ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan, bahkan jika ada permintaan dari daerah yang cukup banyak pihaknya dapat langsung melakukan penambahan dari provinsi. Dirinya mengatakan, pihaknya juga dapat menyimpan stok bahan pokok jika diminta oleh pemerintah daerah untuk menyediakan pasar murah jelang lebaran nantinya.

(cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved