Breaking News:

Senin, Gubernur Sumut Lantik Tujuh Pasangan Kepala Daerah Terpilih dan Plt Wali Kota Binjai

Ketujuh daerah tersebut yakni, Simalungun, Karo, Gunungsitoli, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan dan Samosir.

HO / Tribun Medan
Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mendatangani dokumen pelantikan disaksikan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Jumat (26/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebanyak tujuh pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 lalu, akan menjalani pengambilan sumpah dan pelantikan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan pada Senin (26/4/2021).

Ketujuh daerah tersebut yakni, Simalungun, Karo, Gunungsitoli, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan dan Samosir.

Kegiatan tersebut merupakan pelantikan gelombang kedua, setelah pada 26 Februari 2021 lalu ada 11 kepala daerah terpilih yang telah menjalani pelantikan.

Para kepala daerah terpilih, dari tujuh daerah tersebut akan dilantik langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Artinya prosesi pelantikan akan berlangsung secara terbatas, hanya Forkopimda Sumut saja yang diundang dalam kegiatan tersebut.

"Iya Senin ini dilantik secara langsung dan terbatas. Pelantikan akan dilakukan dalam satu sesi," kata Kepala Bagian (Kabag) Otonomi Daerah Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga, Sabtu (24/4/2021).

Di samping itu, Gubernur Edy pada kesempatan yang sama, akan turut melantik Wakil Wali Kota Binjai, Amir Hamzah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Binjai. 

Kabag Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga.
 
Kabag Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga.   (Mustaqim / Tribun Medan)

Hal ini terjadi lantaran Wali Kota Binjai Terpilih, Juliadi pada Selasa (9/4/2021) malam lalu, meninggal dunia akibat covid-19.

Sehingga Amir Hamzah pada pelantikan kepala daerah gelombang pertama lalu, hanya menjalani pelantikan seorang diri tanpa pasangannya di Pilkada Binjai 2020.

"Ditambah satu lagi, pelantikan Plt Wali Kota Binjai," sebutnya.

Sementara itu para kepala daerah yang akan menjalani pelantikan, pada Minggu (25/4/2021) akan terlebih dahulu menjalani prosesi gladi resik di Aula Tengku Rizal Nurdin.

"Hari Minggu siang gladinya," ucap Rasyid.

Diketahui enam pasangan kepala daerah terpilih yang akan dilantik pada gelombang kedua ini lantaran akhir masa jabatan kepala daerah sebelumnya telah selesai pada pekan ini.

Sedangkan untuk Samosir pelantikan kepala daerahnya sempat tertunda, karena Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan sengketa hasil Pilkada Samosir pada 18 Maret 2021, atau lewat dari jadwal pelantikan kepala daerah gelombang pertama yang berlangsung tanggal 26 Februari 2021 silam.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved