Breaking News:

Ikuti Safari Ramadhan, Wali Kota Bobby Minta Masjid Jadi Penggerak Ekonomi

Wali Kota Bobby berharap masjid dapat menjadi penggerak ekonomi lewat program Masjid Mandiri.

Penulis: Amalia Purnama Sari (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
DOK. Humas Pemkot Medan
Penyerahan bantuan sebesar Rp 50 juta diserahkan langsung oleh Camat Medan Denai Muhammad Ali Sipahutar kepada Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat Masjid Al Mukhlisin Taufiq Qurahman di Masjid Al Mukhlisin Jalan Jermal XI Ujung, Kelurahan Denai, Senin (26/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan sejumlah program kerja (proker) Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dalam acara Safari Ramadhan virtual ke Masjid Al Mukhlisin, Jalan Jermal XI Ujung, Kelurahan Denai, Senin (26/4/2021).

Salah satu proker yang disebutkan Bobby adalah program pembangkitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dari tingkat paling bawah.

Melalui program itu, Bobby sadar bahwa Pemkot Medan tidak bisa memperbaiki masalah ekonomi sendirian.

Untuk itu, ia pun berharap masjid dapat menjadi penggerak ekonomi lewat program Masjid Mandiri.

Baca juga: Setelah Bobby Nasution Diserang Romo Syafii, Alasan Pemecatan Kadis Kesehatan Edwin Effendi Berubah

“Dengan jumlah masjid mencapai 1.115 di Kota Medan, harusnya bisa menjadi penggerak ekonomi guna menyejahterakan masjid dan masyarakat di sekitar,” terang Bobby dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/4/2021).

Menurut dia, masyarakat muslim tidak hanya menjadikan masjid sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga sebagai tempat penggerak ekonomi keumatan.

“Caranya dengan berkolaborasi membentuk koperasi atau kegiatan usaha lain guna menyejahterakan jamaah,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Safari Ramadhan tahun ini terpaksa dilaksanakan secara virtual, mengingat kasus Covid-19 di Kota Medan terbilang masih tinggi.

Baca juga: Besannya Dipecat dari Jabatan Kadis Kesehatan Medan, Romo Syafii Serang Bobby Nasution

Bobby sendiri menginginkan pelaksanaan Safari Ramadhan dilangsungkan secara virtual agar pada Hari Raya Idul Fitri semua umat muslim bisa merayakan kemenangan dengan tenang.

“Tanpa mengurangi makna, kami berusaha agar silaturahmi dengan masyarakat tidak terputus meski dilakukan secara virtual. Ini bentuk ikhtiar bersama untuk memutus penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Di samping format virtual, Safari Ramadhan juga dirangkai dengan penyerahan bantuan pembangunan Masjid Al Mukhlisin dari Pemkot Medan.

Penyerahan bantuan sebesar Rp 50 juta diserahkan langsung oleh Camat Medan Denai Muhammad Ali Sipahutar kepada Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat Masjid Al Mukhlisin Taufiq Qurahman.

Baca juga: Awasi Penerapan Protokol Kesehatan, Bobby Nasution Tinjau Langsung Kesawan City Walk

Selepas penyerahan bantuan, acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim piatu oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Agama Khoirudin Rangkuti.

Selanjutnya, acara disambung ceramah singkat oleh Ustaz Ardiansyah. Dalam ceramahnya, Ardiansyah sangat mendukung program Masjid Mandiri. Pasalnya, hal tersebut sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Masjid tidak boleh hanya menjadi tempat dakwah saja, tetapi juga sebagai tempat mengembangkan ekonomi praktis guna menguatkan para muslim,” ujarnya.

Baca juga: Bobby Nasution Hadiri Perayaan Paskah Oikumene Umat Kristiani Sumut

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved