Breaking News:

Pemkab dan Polres Sergai Gelar Operasi Pasar, yang Naikkan Harga Sesuka Hati Bisa Kena Sanksi

Ditegaskan juga jika diperlukan dapat diambil langkah hukum apabila ada oknum yang sepihak menaikkan harga untuk kepentingan pribadi.

Indra / Tribun Medan
Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang dan Sekda, Faisal Hasrimy mendengarkan arahan dari Wakapolda Brigjen Pol Dadang Hartanto secara virtual di aula Patria Tama Polres Rabu, (28/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemkab dan Polres Serdang Bedagai (Sergai) akan menggelar operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga dan stok pangan.

Hal ini dilakukan setelah Sekda Faisal Hasrimy hadir menyaksikan arahan yang disampaikan secara virtual oleh Wakapolda Sumut Brigjen. Pol Dadang Hartanto di aula Patria Tama Polres dengan didampingi Kapolres AKBP Robin Simatupang Rabu, (28/4/2021).

Karena saat ini sedang bulan suci ramadan dan mejelang Idul Fitri 1442 Hijriah, stabilnya ketersediaan dan harga bahan pangan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) perlu diperhatikan secara serius.

"Kami tentu sepakat dengan arahan Wakapolda untuk antisipasi harga dan stok kebutuhan pokok di pasar-pasar di Sergai. Kami berharap dengan aksi ini lonjakan harga bisa dihindari, stok bahan pokok penting juga tersedia cukup, sehingga masyarakat kita bisa menjalani ibadah puasa dan bisa berhari raya dengan lancar nanti,” ucap Faisal merespon arahan Wakapolda. 

Senada dengan Faisal yang datang mewakili Bupati Darma Wijaya, AKBP Robin Simatupang pun mengaku juga akan mendukung rencana antisipasi lewat pengadaan operasi pasar.

Karena sudah menjadi pembahasan dalam rapat kordinasi penanganan dan pengawasan bahan pokok penting harus ditindaklanjuti. 

“Kegiatan operasi pasar perlu untuk menjaga stabilitas, baik harga dan stok. Yang terbaru kami mendapat laporan bahwa stok beras di Sergai aman, bahkan cenderung surplus,” kata Robin. 

Sebelumnya dalam arahannya, Wakapolda menyampaikan jika wajib dilakukan antisipasi atau langkah pencegahan untuk menghindari lonjakan harga dan langkanya stok barang-barang pokok kebutuhan masyarakat.

Ditegaskan juga jika diperlukan dapat diambil langkah hukum apabila ada oknum yang sepihak menaikkan harga untuk kepentingan pribadi.

“Kepada satuan tugas pangan lintas sektoral agar langsung melakukan cek lapangan. Lihat bagaimana kondisi pasar. Ini penting untuk memberi keyakinan kepada masyarakat bahwa kita benar-benar bekerja dalam proses pengendalian harga bahan pokok. Selain itu perlu kiranya dibuat operasi pasar," kata Dadang.

Dadang pun sempat mengarahkan agar seluruh instansi yang berwenang bergandengan bersama melakukan kegiatan ini.

Dianggap kegiatan operasi pasar dapat dilakukan di titik-titik pasar yang diprediksi mengalami kenaikan.

"Saya berharap hal ini dapat direalisasikan mengingat sebentar lagi kita akan memasuki Hari Raya Idul Fitri,” katanya.

(dra/tribun-medan.com).

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved