Breaking News:

Penggerebekan Swab Antigen Bekas di KNIA

Satgas Covid-19 Sumut Beber Cara Mendeteksi Rapid Tes Antigen Palsu atau Bekas

Atas informasi tersebut, Dirreskrimsus Polda Sumut memerintahkan AKP Jericho untuk melakukan penyelidikan di lokasi.

TRIBUN MEDAN / HO
Tim Polda Sumut melakukan penggerebekan layanan rapid test antigen di lantai II Bandara Kualanamu, Selasa (27/4/2021) sore sekitar pukul 16:00 WIB. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara himbau pasien yang ingin Rapid Tes Antigen untuk mulai berhati - hati atas pemakaian alat bekas. 

"Ya, pertama periksakan di tempat yang representatif dan legal. Kedua, kita wajib tahu proses pemeriksaan Swab Antigen. Jadi kalau pengambilan sampel Antigen itu hasilnya di bawa ke belakang, itu wajib dicurigai," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah kepada Tribun Medan, Rabu (28/4/2021). 

Pasalnya, lanjut Aris, hasil Rapid Antigen itu tidak perlu dibawa ke belakang kerena prosesnya cepat. Warga yang mau Rapid Tes dihimbaunya harus teliti.

Kalau petugasnya tidak berkenan maka warga yang ingin tes wajib mencurigai. 

Dia pun menjelaskan ada beberapa  Standar Operasional Prosedur (SOP) yang perlu diperhatikan warga antara lain, harus ada pemeriksaan fisik kepada pasien. 

Kemudian melakukan Swab dengan catatan harus melihat alat yang digunakan adalah baru. Lalu, di operator atau pengambil sampel juga harus diperlengkapi Alat Pelindung Diri (APD). 

"Pastikan si pemeriksa menggunakan APD yang baru, sepeti sarung tangan dan lainnya," sebutnya. 

Sementara untuk memastikan Alat Rapid Tes itu baru atau tidak, Aris menghimbau pasien agar alat - alat itu dibuka dari kemasan di depan pasien. Membuktikan bahwa alat Rapid Tes itu adalah barang yang masih baru. 

"Alat Rapid itu kan terbungkus, kalau sudah dirobek ya bekas lah itu. Jadi perhatikan jangan sampai bungkusnya sobek. Karena semua itu harusnya terbungkus plastik. Masyarakat harus tetap selektif," ucapnya. 

Sebelumnya diberitakan, Polisi mengamankan lima pelaku yang diduga berbuat curang dalam proses rapid tes antigen di Bandara Kualanamu.

Halaman
12
Penulis: Goklas Wisely
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved