Breaking News:

Setelah Dapat Warning dari KPK, Wali Kota Binjai Amir Hamzah Akhirnya Angkat Bicara

Wali Kota Binjai Amir Hamzah angkat bicara setelah mendapat warning dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (28/4/2021).

Dedy Kurniawan
Wakil Wali Kota Binjai Amir Hamzah 

TRIBUN-MEDAN.COM, BINJAI - Wali Kota Binjai Amir Hamzah angkat bicara setelah mendapat warning dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (28/4/2021).

Amir menyatakan akan meningkatkan evaluasi kinerja dan administrasi untuk mencegah praktik korupsi di Kota Binjai.

Ia pun akan melakukan kontrol terhadap pengelolaan anggaran dan pemeliharaan aset daerah milik pemerintah.

"Saya yakin dan percaya dengan adanya koordinasi dan monitoring ini akan dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam sistem tata cara pengelolaan keuangan bagi daerah," katanya.

Baca juga: Baru Menjabat, Wali Kota Binjai Sudah Kena Warning KPK

Sebelumnya, KPK memberi warning kepada Pemko Binjai untuk segera melakukan pembenahan terhadap tata kelola pemerintahan.

Menurut KPK, Kota Binjai, masih rawan terjadi praktik korupsi oleh pejabatnya. Untuk itu, KPK mendorong Kota Binjai agar dapat fokus dalam delapan area tata kelola.

Kedelapan fokus area itu terdiri atas perencanaan dan penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Kemudian manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, dan pengelolaan keuangan desa. Kedelapan fokus area ini tercakup dalam aplikasi Monitoring Centre for Prevention (MCP).

"Kita ingin membantu dan memantau pemerintah daerah untuk dapat mencegah tindak pidana korupsi. Tiada henti kami mengingatkan pemerintah daerah untuk melaksanakan upaya pemberantasan korupsi. Kita berharap orang menjadi takut melakukan korupsi. Selain itu, kami meminta ada pembenahan sistem di internal pemerintah daerah,” kata Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli, saat berada di Kota Medan, kemarin.

(Wen/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved