Breaking News:

Jelang Lebaran, Pemprov Sumut Gelar Pasar Murah di 26 Daerah

Sehingga bisa membantu masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan pangan dalam rangka merayakan lebaran.

Mustaqim / Tribun Medan
Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Azhar Harahap menunjukkan kepada Tim PKK Sumut, komoditas pangan yang ditawarkan di bazar murah yang berada di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Jalan AH Nasution Medan, Kamis (29/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara menggelar Bazar Murah di 26 kabupaten/kota di Sumut, jelang lebaran 1442 hijriah.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Azhar Harahap mengatakan, kegiatan bazar murah ini digelar dengan tujuan untuk menjaga harga komoditas pangan di Sumut. 

Sehingga bisa membantu masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan pangan dalam rangka merayakan lebaran.

"Karena dengan ada bazar murah di 26 tempat di kabupaten di Sumut, kita harapkan bisa antisipasi permainan-permainan spekulan itu tadi. Sehingga masyarakat bisa lari ke sini, karena ada penjual harga tinggi di daerah. Bazar murah ini digelar sampai H-2 lebaran," kata Azhar, Kamis (29/4/2021).

Ia pun menjamin bahwa stok pangan di Sumut hingga tiga bulan ke depan mencukupi. Masyarakat tidak perlu khawatir dan diharapkan jangan berbelanja berlebihan untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

"Untuk 11 komoditas pangan cukup untuk 3 bulan ke depan. Masyarakat tak usah takut," sebutnya.

Demi mengantisipasi hilangnya stok barang pangan di pasaran, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut telah menjalin koordinasi dengan Polda Sumut.

Langkah itu dilakukan untuk memastikan tidak ada penimbunan barang pangan hingga berimbas pada meroketnya harga di pasaran.

"Dari kita sudah melakukan rapat terpadu di Polda. Untuk memonitoring seluruh pengusaha grosir yang melakukan penimbunan dan penyetokan barang berlebihan, sehingga mempengaruhi harga di pasar. Karena bisa mempengaruhi bagi rakyat kita," ungkapnya.

Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis mengapresiasi bazar murah yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan di Sumut.

Halaman
12
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved