Breaking News:

TRIBUNWIKI

Mengenal Kampung Matfa di Langkat, Hidup Berdampingan Dengan Terapkan Prinsip Sosialis

Para ibu-ibu sudah mulai turun memasak sejak pukul 04.00 dan selesai usai Subuh. Kemudian akan dilanjut kembali pada menjelang siang hari.

Tribun Medan
Sejumlah remaja mengikuti pelatihan IT di Kampung Matfa, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (27/8/2020).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Sumatera Utara memiliki beragam keunikan dari setiap daerah, diantaranya terletak di Dusun III Darat Hulu, Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Kampung Majelis Ta'lim Fardhu atau Kampung Matfa ini memiliki keunikan dan tradisi yang begitu erat untuk dilaksanakan hingga tak heran dijuluki sebagai Kampung Kasih Sayang. 

Baca juga: Jalan Tambal Sulam Kelurahan Tunggurono Bikin Sesak Nafas, Dibiarkan Setelah Dikorek Dua Bulan

Kampung ini memiliki luas tak lebih dari 20 hektare dengan mengelola peternakan, perikanan hingga pertanian. Ada pula beberapa industri kecil seperti pengolahan tahu, batu bata, jajanan tradisional dan lain sebagainya.

Sehingga, penghuni kampung dapat bekerja sesuai dengan keahlian masing-masing sesuai dengan sektor yang ada.

Hingga saat ini Kampung Matfa dihuni oleh 260 KK atau sekitar 1100an jiwa yang hidup secara berdampingan dan memiliki pemimpin kampung yaitu Tuwan Imam.

Sejumlah pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring dengan menggunakan fasilitas perangkat daring
Sejumlah pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring dengan menggunakan fasilitas perangkat daring "XL Home" di Kampung Matfa Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Senin (3/8/2020). XL Axiata menyediakan sarana akses internet gratis berupa router untuk membantu pelajar di berbagai daerah terutama di pedesaan yang kesulitan mendapatkan akses internet dan kuota data dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI (Tribun Medan)

Adapun tiga prinsip yang dipegang untuk dapat hidup bersama di kampung Matfa yaitu bersabar, bersyukur, dan berbagi.

Baca juga: LIVE SCTV Manchester United Vs AS Roma Malam Ini, Tantangan Solskjaer Tatap Peluang Juara

Tiga prinsip ini dipegang agar dapat mencegah adanya rasa iri maupun dengki sehingga segala sektor yang ada di kampung ini dapat berjalan tentram.

Berdasarkan informasi, penghuni baru terakhir datang ke Kampung Matfa pada tahun 2017.

Sebelum masyarakat luar tinggal di kampung tersebut, para calon penghuni harus memiliki komitmen untuk dapat meninggalkan pemikiran untuk memperkaya diri dengan materi melainkan dapat hidup berdampingan.

Suasana kampung Matfa tampak begitu asri dengan memiliki 1 masjid bertingkat, rumah sehat, dan gedung majlis taklim.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved