Breaking News:

Bupati Poltak Sitorus Wajibkan Pesta Adat di Kabupaten Toba Harus Berizin

Ia menegaskan agar memastikan seluruh area rumah ibadah bersih dan melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala. 

Tribun Medan/Arifin Al Alamudi
Tokoh Agama manortor bersama warga pada pesta adat Batak Samosir yang berlangsung di Tuktuk, Samosir, Sumatera Utara beberapa waktu lalu. Kehadiran tokoh agama pada setiap acara adat menjadi ciri khas keberagaman warga di Samosir. 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE – Kawasan Toba yang dikenal sebagai destinasi pariwisata harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Sitorus dalam surat yang dikeluarkan pada Selasa (27/4/2021) dan berlaku sejak Rabu (28/4/2021). 

“Memastikan seluruh tempat usaha bersih dan melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala,” ujar Bupati dalam surat edaran tersebut yang diterima Tribunmedan.id pada Jumat (30/4/2021). 

Ia juga menegaskan untuk menerapkan konsep physical distancing atau berjarak satu meter antar meja dan tempat duduk. 

“Menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di tempat usaha; membatasi waktu operasi sampai dengan pukul 20.00 WIB,” sambungnya. 

Bukan hanya bidang usaha, ia juga menyampaikan beberapa hal penerapan prokes di bidang pariwisata. 

“Memastikan seluruh tempat wisata bersih dan melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala, ?enerapkan konsep physical distancing atau berjarak satu meter antar meja dan tempat duduk,” sambungnya. 

Lanjutnya, ia juga menegaskan penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di tempat usaha.

“Seluruh pengunjung menunjukkan identitas diri, dan pengujung yang berasal dari luar Kabupaten Toba tidak diperkenankan masuk dan embatasi waktu operasi sampai dengan pukul 17.00 WIB,” tegasnya. 

Tambahnya, penyelenggara kegiatan pesta agar diberitahukan kepada lurah/ kepala desa selaku ketua Satgas desa/ kelurahan selambatnya 1 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan. 

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved