Breaking News:

Hindari Penggusuran, Pemkot Medan Bantu Pengurusan Sertifikat Tanah Wakaf Masjid

Pemkot Medan siap membantu pengurusan sertifikat tanah wakaf yang diperuntukan untuk masjid untuk menghindari penggusuran.

Penulis: Inang Jalaludin Shofihara (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
DOK. Humas Pemkot Medan
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dalam acara safari ramadhan ke Masjid As Shobirin, Jalan Pancing V, Kel. Besar, Kec. Medan Labuhan, Kamis (29/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan siap membantu pengurusan sertifikat tanah wakaf yang diperuntukan untuk masjid.

"Pemkot Medan akan membantu pengurusan sertifikat tanah wakaf untuk masjid agar tidak ada lagi masjid yang bermasalah ataupun di gusur di Kota Medan,” terangnya.

Dia mengatakan itu saat mewakili Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dalam acara Safari Ramadhan ke Masjid As Shobirin, Jalan Pancing V, Kel. Besar, Kec. Medan Labuhan, Kamis (29/4/2021).

“Karena itu, saya minta lengkapi berkas kepengurusan wakafnya, kami akan bantu," tegas Aulia didampingi sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan.

Aulia juga mengatakan, ke depan pihaknya ingin agar masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah saja. Menurutnya, masjid juga harus menjadi tempat untuk mendidik generasi muda dan memakmurkan umat.

"Pemkot Medan saat ini memiliki program masjid mandiri, artinya masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat mendidik anak,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya.

Dia juga ingin agar masjid menjadi tempat perputaran ekonomi bagi jemaah, seperti membangun koperasi. Tujuannya agar masjid, jemaah, dan masyarakat yang ada di sekitar semakin makmur.

Selain itu, Aulia juga berpesan kepada Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) agar berkoordinasi dengan kepala lingkungan dan lurah untuk menghidupkan kegiatan magrib mengaji di setiap masjid, sehingga akan melahirkan cikal bakal qori dan qoriah di Kota Medan.

"Cari guru mengaji yang baik untuk mengajari anak-anak kita agar akhlaknya semakin baik dan Kota Medan akan memiliki banyak cikal bakal qori dan qoriah yang nantinya mampu mengharumkan nama Kota Medan," pesannya.

Sebelumnya Wakil Ketua BKM Masjid As Shobirin, Suhermanto, dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Wali Kota Medan di Masjid tersebut.

Menurutnya, kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot Medan terhadap masjid-masjid yang ada di Kota Medan.

Adapun, acara Safari Ramadhan yang rutin digelar Pemkot Medan selama ramadhan ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat guna menghindari penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Medan juga menyerahkan bantuan dari Pemkot Medan sebesar Rp 50 juta untuk pembangunan Masjid As Shobirin, ditambah penyerahan santunan dan bingkisan kepada anak yatim piatu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved