Breaking News:

Rayakan Hari Buruh, Pemprov Sumut Gelar Kegiatan Momen May Day Recovery Together

"Terakhir atas nama pemerintah Sumut sesuai surat edaran Gubernur kami ingatkan agar membayarkan THR pada H-7 nanti," tegasnya

Yufis / Tribun Medan
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menghadiri kegiatan Hari Buruh yang digagas Disnaker Sumut dengan tema May Daya Recovery Together. Kegiatan itu berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Sabtu (1/5/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara memperingati Hari Buruh menggelar kegiatan bertema 'Momen May Day Recovery Together' dengan sejumlah elemen buruh dan pengusaha di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Sabtu (1/5/2021).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan dalam momentum Hari Buruh kali ini, ia meminta para buruh untuk mendukung kebijakan gubernur dalam menjalankan pembangunan Sumut yang berkelanjutan.

Apalagi, Edy menyebut dirinya merupakan bagian yang tidak terpisahbdari rakyat, termasuk buruh.

"Saya ini meskipun di satu sisi sebagai penguasa, karena saya gubernur tapi saya juga adalah bagian dari rakyat Sumut. Sama seperti kalian. Jadi saya ingin kalian juga ikut memberikan sumbangsih pikiran dan saran untuk Sumut yang kita cintai," kata Edy.

Ia pun berharap, ke depannya momentum peringatan Hari Buruh dapat dibuat dengan lebih bermartabat, tidak sekadar hanya aksi turun ke jalan.

Edy berkeinginan kegiatan Hari Buruh digelar dalm bentuk dialog atau seminar dengan tema peningkatan keahlian dan sumber daya manusia (SDM). Termasuk juga membahas penyelesaian hubungan sengketa antara buruh dan pengusaha yang harus memiliki aturan dan jalan keluar yang jelas.

"Semua ini harus tertib, pengusaha bisa duduk bersama dengan buruh. Semua kita harus bergandengan tangan. Sumut ini butuh banyak pikiran tak cukup hanya sekedar demo. Untuk apa demo kalau tak ada tujuan. Lebih bagus kita duduk bersama ada penguasa, ada pengusaha ada buruh. Kalau kita tertib. Maju Sumut kita ini," sebutnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Sumut Baharuddin Siagian menambahkan bahwa peringatan Hari Buruh tahun ini digelar sebagai bentuk sinergi dan inovasi untuk membangun Sumut bermartabat. 

"Sengaja kita ambil tagline May Day Recover Together sebagai penghormatan kepada buruh dengan saling bergandeng tangan di tengah suasana pandemi ini agar kita bisa bangkit bersama sehingga Sumut kembali pulih dan ekonomi kembali bangkit," ucap Bahar.

Ia berharap, momen Hari Buruh yang bertepatan dengan Bulan Ramadan bisa menjadi hari baik untuk saling bersilaturahmi antara buruh, pengusan dan pihak ketenagakerjaan. 

"Terakhir atas nama pemerintah Sumut sesuai surat edaran Gubernur kami ingatkan agar membayarkan THR pada H-7 nanti," tegasnya

Ketua Harian DPP Solidaritas Buruh Sumutera Utara (SBSU) M Amru Sinaga menyebutkan bahwa kegiatan Hari Buruh bersama pemerintah merupakan salah satu wadah dalam menyampaikan aspirasi maupun hak buruh.

Dengan pertemuan ini, buruh bisa menyampaikan langsung kepada pemerintah, bila ada perusahaan yang melakukan pemecatan di masa pandemi covid-19 dan tak kunjung membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada buruh.

"Banyak cara dalam menuntut hak. Kami pikir pertemuan ini bagian dari menuntut hak. Pernyataan sikap tegas kita, laksanakan THR, pemerintah harus tegas jika perusahaan tidak menjalankan kewajiban hak buruh. Perusahaannya harus diperiksa, bila perlu ditutup," ujar Amru.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved