Breaking News:

Partai Ummat di Sumut

Respon Ketua KPU Karo saat Ditanya Mengenai Partai Ummat Bentukan Amien Rais, Gemar: Belum Dengar

Partai Ummat Bentukan Amien Rais sepertinya belum begitu populer di Sumatera Utara. Buktinya, di Kabupaten Karo belum ada terdengar sampai saat ini

Kompas.com
Amien Rais saat memperkenalkan logo Partai Ummat, Selasa (10/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com,KABANJAHE--Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais baru saja membentuk partai baru yang diberi nama Partai Ummat.

Meski saat ini kabarnya Partai Ummat tersebut akan mengembangkan sayap di Sumatera Utara, tapi nyatanya di Kabupaten Tanahkaro gaungnya masih sangat minim sekali. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo Gemar Tarigan mengatakan dirinya belum tahu apakah di Karo sudah ada Partai Ummat atau belum.

Secara administrasi, Partai Ummat belum ada mengajukan dokumen KPU. 

Baca juga: BREAKING NEWS Mantan Kader Demokrat Jadi Ketua DPD Partai Ummat Asahan Yakin Dapat Satu Fraksi

"Kami belum ada menerima permohonan pendaftaran ke KPU, dan terkait pembentukan Partai Ummat juga belum dengar untuk di Kabupaten Karo," kata Gemar, Minggu (2/5/2021).

Dia menjelaskan, untuk partai yang mendaftar di KPU sendiri biasanya partai yang sudah siap untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu).

Namun dirinya mengatakan, untuk tahapan Pemilu sendiri sampai saat ini juga masih cukup jauh, sehingga partai yang akan mengikuti kontestasi pemilu disesuaikan dengan kapan jadwal pemilu itu sendiri. 

"Jadi yang menjadi kewenangan KPU itu, partai yang akan mengikuti kontestasi pemilu, tapi kalau tidak, ya belum jadi kewenangan kita," ucapnya.

Kendati demikian, Gemar tidak menampik bahwa ada partai politik yang sudah terbentuk tapi belum ikut pemilu. 

Baca juga: Dipecat Sebagai Ketua PAN, Politisi Asal Sergai Ini Enggan Gabung Partai Ummat Karena Alasan Ini

Untuk di Kabupaten Karo sendiri, terlihat ada beberapa partai yang memang tidak mengikuti kontestasi pemilu dengan berbagai alasan. 

Gemar mengatakan, jika nantinya memang sudah ada pembentukan kepengurusan Partai Ummat dan berniat maju ke kontestasi Pemilu, maka pihaknya akan bersedia untuk menerima berkas.

Namun, jika kepengurusan belum ada berniat maju maka hal tersebut belum menjadi kewenangan KPU. (cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved