Breaking News:

Dapat Kuota Rp 1 Triliun, Bank Sumut Salurkan KUR Rp 240 Miliar

PT Bank Sumut mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan bantuan kepada pelaku usaha kecil senilai Rp 1 triliun

Penulis: Dian Nur Utama Saragih
Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/HO
DIREKSI PT Bank Sumut turun langsung melayani transaksi nasabah di beberapa titik lokasi kantor Cabang Bank Sumut dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional 4 September 2020. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN--PT Bank Sumut tetap berkomitmen melakukan percepatan dan pemulihan ekonomi nasional dengan cara menyalurkan kredit kepada sektor-sektor produktif. 

Bank Sumut pun masih dipercaya sebagai bank penyalur kredit KUR dari Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia

Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, Irwan melalui Corporate Secretary Syahdan Ridwan Siregar menjelaskan pada Tahun 2021 ini Bank Sumut kembali dipercaya Pemerintah untuk menyalurkan KUR dengan plafon Rp 1 triliun.

Baca juga: Breaking News, INNALILLAHI, Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo Meninggal Dunia

"Segmen perincian penyaluran KUR tersebut diantaranya Rp 700 miliar untuk KUR kecil, Rp. 200 Miliar untuk KUR mikro dan Rp 100 Miliar untuk KUR supermikro, adapun penyaluran KUR di Bank Sumut sampai dengan akhir April sebesar Rp240 miliar,” jelas Syahdan usai penandatanganan perjanjian kerja sama penyaluran KUR dengan Deputi Bidang Usaha Mikro Kementrian Koperasi dan UKM Eddy Satriya,  Rabu (28/4/2021).

Syahdan juga menambahkan, Bank Sumut juga kembali dipercaya untuk menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan pagu Rp 1 triliun.

"Pada penyaluran tahap pertama sebelumnya dari kuota Rp 1 triliun, Bank Sumut telah menyalurkan dana PEN Rp 2,2 triliun yang menyasar kepada 20.389  debitur" jelas Syahdan.

Baca juga: Dititipi Dana PEN Rp 1 Triliun, Bank Sumut Sudah Salurkan Kredit UMKM Sebanyak 61.181 Debitur

Dengan kepercayaan dari kementerian Koperasi dan UKM tersebut, Syahdan mengatakan Bank Sumut tetap berkomitmen menjadi agen of development dan kontribusi pada perekonomian Sumatera Utara.

Seperti yang diketahui, Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembiayaan antara Deputi Bidang Usaha Mikro dengan 42 Penyalur KUR, Rabu (28/4/2021) di Jakarta. 

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam keterangan persnya mengatakan untuk tahun 2021 Pemerintah memberikan dukungan akses pembiayaan untuk UMKM melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan target sebesar Rp 253 triliun dan relaksasi stimulus tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3% sampai dengan 3 Juni 2021.

Baca juga: Bank Sumut Daftarkan 60 Pelaku UMKM Gunakan Sistem QRIS, Gaungkan Cashless di Event Pemasaran Produk

“Dengan demikian suku bunga KUR berkurang dari 6% menjadi 3%,” jelas Menteri Teten.

Menteri Teten juga menjelaskan realisasi penyaluran KUR Tahun 2021 sampai dengan per tanggal 22 April 2021 adalah sebesar Rp. 68,54 Triliun.(cr15/ tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved