Breaking News:

Hasil Pemungutan Suara Ulang Sah, Putusan Mahkamah Konsititusi Final dan Mengikat

KPU kabupaten dan kota kemudian menyusun jadwal dan tahapan, termasuk jadwal penetapan calon terpilih setelah proses rekapitulasi PSU selesai.

HO / Tribun Medan
PASANGAN Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Labuhanbatu, Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar berhasil unggul di delapan dari sembilan tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU), pada Sabtu (24/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - KPU Sumatera Utara memastikan bahwa hasil pemungutan suara ulang (PSU) di tiga daerah di Sumut yakni Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Mandailing Natal (Madina) adalah final dan mengikat.

Apalagi PSU yang digelar tersebut merupakan tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Atas dasar itu, KPU kabupaten dan kota kemudian menyusun jadwal dan tahapan, termasuk jadwal penetapan calon terpilih setelah proses rekapitulasi PSU selesai.

"Jadi putusan MK itu bukan putusan sela, setelah rekapitulasi selesai KPU kabupaten/kota melakukan konsultasi ke KPU RI dan hasilnya pasangan calon terpilih tetap ditetapkan," tegas Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, Senin (3/5/2021).

Hingga kini, kata Herdensi, KPU setempat di kabupaten Labuhanbatu dan Labusel telah menetapkan pasangan kepala daerah terpilih hasil PSU di masing-masing daerah.

Baca juga: BERBALIK UNGGUL, KPU Madina Gelar Pleno Rekapitulasi PSU, Paslon Jakfar-Atika Kalahkan Dahlan-Aswin

"Madina jadwalnya hari ini (Senin). Setelah ini tentu KPU akan mengirimkan hasil penetapan ke DPRD setempat untuk diproses," sebutnya.

Untuk diketahui, KPU Labuhanbatu telah menggelar rapat pleno, dan menetapkan pasangan Erik Adtrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu terpilih hasil Pilkada 2020, pada Minggu (2/5).

Namun, belakangan hasil PSU Pilkada Labuhanbatu tersebut kembali digugat. Kali ini oleh pasangan Andi Suhaimai Dalimunte-Faizal Amri Siregar ke MK.

Begitu pula dengan Pilkada Labusel. KPU setempat menetapkan pasangan Edimin-Ahmad Padli Tanjung sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labusel terpili hasil Pilkada 2020 pada Sabtu (1/5).

Tetapi pesaingnya, yakni pasangan Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap kembali mendaftarkan gugatan mereka ke MK terkait hasil PSU Pilkada Labusel.

Pilkada Madina pun demikian. Pasangan Dahlan Hasan Nasution-Aswin mendaftarkan gugatan melalui kuasa hukumnya Janter Manurung ke MK, meminta pembatalan tentang penetapan rekapitulasi hasi penghitungan suara pasca-pemungutan suara ulang.

"Saya pikir itu hak masing-masing pihak, tidak ada masalah," ujar Herdensi.(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved