Breaking News:

News Video

AKBAR Sumut Minta Mahasiswa yang Ditahan di Polrestabes Dilepas di Momen Hardiknas

Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Akumulasi Buruh dan Rakyat (AKBAR) Sumut gelar demonstrasi Peringati Hari Pendidikan Nasional di Bundaran SIB.

Laporan Wartawan Tribun-Medan/Goklas Wisely

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Akumulasi Buruh dan Rakyat (AKBAR) Sumut gelar demonstrasi Peringati Hari Pendidikan Nasional di Bundaran SIB, Selasa (4/5/2021).

Fahmi selaku koordinator aksi menjelaskan dalam momentum Hardiknas harus ada refleksi atas dunia pendidikan saat ini yang kian merosot kualitasnya.

Sekaligus berharap mahasiswa yang masih ditahan di Polrestabes Medan untuk segera dilepaskan.

"Sebab, kebebasan berpendapat telah dijamin oleh undang - undang," jelasnya jelasnya kepada Tribun Medan di bundaran SIB.

Ia pun meminta pemerintah untuk membuat regulasi untuk meringankan biaya pendidikan terkhususnya di tengah pandemi ini.

Menurutnya dunia pendidikan sejatinya adalah hak asasi setiap manusia. Namun pendidikan yang seharusnya menjadi alat untuk memanusiakan manusia dan membebaskan manusia dari belenggu kebodohan, saat ini justru dijadikan alat untuk menciptakan kesadaran palsu untuk percaya kepada kapitalisme.

Hal itu dapat diperhatikan dari beberapa praktek komersialisasi dan kapitalisasi dunia pendidikan, rakyat harus bekerja mati-matian untuk dapat menyekolahkan anaknya-anaknya pada lembaga pendidikan yang berkualitas.

Dunia pendidikan Indonesia, lanjutnya, semenjak diserahkan pada mekanisme pasar bebas telah menggeser prinsip dari pendidikan itu sendiri. Dunia pendidikan tidak lebih hanya dijadikan sebagai mesin produksi tenaga kerja dengan upah murah untuk kepentingan industrialisasi yang digembar-gemborkan oleh pemerintah.

Pendidikan Indonesia tidak lagi diarahkan untuk membangun sumber daya manusia yang mengabdi pada kepentingan rakyat. Melainkan hanya mengajarkan untuk tunduk dan patuh pada kepentingan kaum modal.

Halaman
12
Penulis: Goklas Wisely
Editor: Bobby Silalahi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved