Breaking News:

Cari Barista Handal, Fobeca Rekrut Peserta Pelatihan BBPLK Medan

BBPLK Medan secara rutin mempromosikan proses pelatihan yang dilaksanakan kepada industri terkait.

Editor: Ismail
Dok. Humas BBPLK Medan
BBPLK Medan secara rutin mempromosikan proses pelatihan yang dilaksanakan kepada industri terkait. 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Demi mempermudah peserta pelatihan mendapat pekerjaan, BBPLK Medan secara rutin mempromosikan proses pelatihan yang dilaksanakan kepada industri terkait.

Bak gayung bersambut, industri-industri dari bidang pariwisata dan konstruksi yang menjadi spesialisasi pelatihan di BBPLK Medan mulai berdatangan untuk mempekerjakan peserta latih, bahkan yang masih berstatus belum lulus.

Hal ini diterangkan Muhammad Ali, S.S., M.A., Ph.D yang merupakan Direktur Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Kemnaker RI yang saat ini sekaligus menjabat sebagai Plt. Kepala BBPLK Medan.

"Kami selalu berupaya memperkuat jejaring dengan industri dengan berbagai jalur, salah satunya melalui Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FKLPI) untuk memfasilitasi kami terhubung dengan industri di bidang pariwisata dan konstruksi," papar Ali yang diwawancara secara virtual di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Ali menambahkan, kolaborasi dengan industri telah secara signifikan meminimalisir mismatch yakni ketidakcocokan antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan industri yang kini menjadi permasalahan baik di pendidikan formal maupun pelatihan non formal.

"Kami menyadari sekali bahwa Balai Latihan Kerja, seyogyanya menjadi fasilitator dan penghubung antara supply dan demand tenaga kerja, sehingga kolaborasi antara BLK dengan industri secara mutlak harus dilakukan. Kami di BBPLK Medan telah melaksanakan ini dengan cara melibatkan industri dalam proses pelatihan, mulai dari pra-pelatihan, selama pelatihan, hingga pasca pelatihan. Tak hanya itu, secara rutin kami mengundang industri untuk bertemu secara non formal di BBPLK Medan sembari menunjukkan skill yang dimiliki peserta latih kita," jelas pemilik gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) lulusan Australia ini.

Sebagai hasil dari pembentukan jejaring tersebut, salah satunya terlihat dari proses rekrutmen peserta pelatihan oleh Fobeca (Food & Beverage Cart), sebuah startup Food & Beverage yang bermarkas di Kota Medan.

"Kami mendapat informasi dari rekan bahwa di BBPLK Medan melatih barista dengan peralatan yang memadai serta materi latih yang mumpuni, oleh karenanya kami berkunjung untuk mencari tenaga kerja barista dan ternyata disambut baik oleh pimpinan BBPLK Medan. Kami juga difasilitasi untuk melaksanakan proses rekrutmen terhadap peserta pelatihan Barista BBPLK Medan," ujar Albert, selaku CEO Fobeca.

Demi terus meningkatkan pelayanan pelatihan dan kebekerjaan peserta latih, BBPLK Medan selalu berupaya mengembangkan model-model pelatihan dan jejaring dengan berbagai stakeholder terkait.

"Semoga dengan upaya yang telah dilakukan dan akan terus kami kembangkan, BBPLK Medan dapat memberikan kontribusi terbaik demi mengurangi pengangguran di negeri ini," pungkas Ali.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved