Breaking News:

Dapat Stiker Khusus Perjalanan, Bus Kurnia Alami Lonjakan Penumpang hingga 100 Persen Jelang Lebaran

Di Sumut, ada beberapa bus AKAP yang mendapatkan stiker khusus perjalanan, diantaranya PO Kurnia Anugerah Pusaka.

HO / Tribun Medan
Bus Kurnia Tujuan Aceh 

TRIBUN-MEDAN.com - Bus Layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) akan berhenti beroperasi terkait larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Namun ternyata, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan aturan terkait operasional bus AKAP dengan stiker khusus untuk mengangkut penumpang pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Di Sumut, ada beberapa bus AKAP yang mendapatkan stiker khusus perjalanan, diantaranya PO Kurnia Anugerah Pusaka.

Pemilik PO Kurnia Anugerah Pusaka, Roger turut bersyukur mendapat jatah stiker khusus di bus Kurnia.

"Alhamdulillah kita diundang untuk mendapat stiker, tapi tidak banyak hanya dibatasi dua unit bus per hari," ungkap Roger, Selasa (4/5/2021).

Dikatakan Roger, para pemudik yang melakukan perjalanan saat momen penyekatan mudik wajib melampirkan sejumlah persyaratan diantaranya surat pengantar dari kelurahan.

"Penumpang wajib bawa surat kelurahan atau kalau ada keluarga yang sakit perlu ada surat izin juga, kemudian menjaga jarak, pakai face Shield dan masker. Biasanya satu bus isinya 36 penumpang sekarang paling 16 penumpang," ujarnya.

Selain itu, sebelum adanya pembatasan mudik periode 6-17 Mei 2021, jelang lebaran ini Roger mengatakan bahwa ada lonjakan penumpang bus hingga 100 persen.

"Bus kita Alhamdulillah ada peningkatan karena orang-orang udah curi start. Jauhlah peningkatan hampir 100 persen. Ini dimulai hari Sabtu, Minggu, dan Senin yang jadi puncak arus mudik sampai kita harus persiapkan bus ekstra," kata Roger.

"Kalau tambahan bus ini kita bisa tambah tiga bus. Yang sebelumnya mungkin empat bus kini bisa jadi tujuh hingga delapan bus jelang lebaran ini," tambahnya.

Dikatakan Roger, kalau sebelumnya per hari tak mampu mencapai 50 penumpang, kini Bus Kurnia mendapat berkah jelang lebaran yang mampu mengangkut hingga 350 penumpang per harinya.

"Jelang lebaran ini bisa sampai 350 penumpang dalam satu malam saja dengan 36 orang per busnya. Kalau sebelumnya paling hanya 8 orang per bus, jadi tidak sampai 50 orang," kata Roger.

Tutupnya, Roger juga turut mengimbau kepada para pemudik untuk dapat mematuhi prokes dan dapat memenuhi syarat perjalanan jika berangkat dalam momen larangan mudik untuk keperluan mendesak.

(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved