Breaking News:

Jelang Larangan Mudik di Sumut

Hari Terakhir Bus ALS Beroperasi, Ratusan Penumpang Curi Start Hindari Larangan Mudik Lebaran

Seratusan penumpang tampak memadati area tunggu di Terminal Bus PT ALS, Jalan Sisingamangaraja KM 6,5, Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas

Penulis: Kartika Sari | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN-MEDAN.com/Kartika Sari
Seratusan penumpang saat menunggu bus di Terminal PT ALS jelang pembatasan mudik di Sumut, Selasa (4/5/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Seratusan penumpang tampak memadati area tunggu di Terminal Bus PT ALS, Jalan Sisingamangaraja KM 6,5, Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Selasa (4/5/2021).

Humas PT ALS, Alwi Matondang mengungkapkan bahwa hari ini menjadi hari terakhir bus ALS beroperasi jelang penyekatan larangan mudik pada Kamis (6/5/2021) mendatang.

"Hari ini kita pemberangkatan terakhir. Dan kondisi suasana masih stabil. Nampaknya dibandingkan dengan hari biasa ada sedikit peningkatan," ungkap Alwi.

Amatan tribun-medan.com, tampak para penumpang mulai memadati area tunggu baik di dalam maupun di luar dengan membawa barang mudik seperti koper, tas ransel maupun oleh-oleh.

Dari informasi yang dihimpun, ternyata banyak masyarakat curi start mudik untuk menghindari adanya penyekatan larangan mudik.

Hal ini diungkapkan Mia, warga Padang yang sudah lama berdomisili di kota Medan. Setiap harinya ia rutin melakukan mudik namun tahun ini ia percepat untuk dapat berkumpul bersama sanak saudara.

"Iya mudik karena ada larangan mudik itu jadi dipercepat daripada gak bisa pulang kampung. Yaudalah agak lebih lama dulu di kampungnya," ujar Mia.

Baca juga: Jelang Berlakunya Larangan Mudik, Ribuan Penumpang KM Kelud Tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan

Tak hanya Mia, ternyata hampir semua masyarakat harus memaksakan diri untuk mudik lebih cepat dari biasanya.

Anton, warga Mandailing Natal ini harus rela menutup kiosnya lebih cepat karena takut tak dapat pulang ke kampung halaman. Dikatakannya tak masalah harus merugi daripada tak pulang kampung.

Padahal, biasanya ia melakukan perjalanan mudik h-3 sebelum Idul Fitri.

"Gak papalah pulang kampung lebih cepat dulu daripada gak bisa sama sekali. Tahun lalu kita udah tidak pulang, masa iya tahun ini enggak. Tutup dulu lah warung lebih awal kan, jadi ini sekeluarga kita mudik dulu," ucapnya.

Baca juga: BREAKING NEWS Berikut 9 Pos Penyekatan di Perbatasan Sumut Antisipasi Masuknya Pemudik Luar Daerah

"Baliknya nanti pas udah gak ada larangan mudik lagi lah. Kita tenang dulu disini nanti pas udah bisa baru kita pesan tiket," pungkasnya.

Bus PT. ALS mulai menghentikan operasional bus mulai Rabu (5/5/2021) besok untuk mengikuti kebijakan penyekatan larangan mudik pada tanggal 6-17 Mei 2020 untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved