Breaking News:

Perbaikan Jalan Menuju Bukit Lawang Terkendala Refokusing Anggaran

Anggaran tersebut, kata Iswahyudi, hanya mampu melaksanakan pekerjaan yang sifatnya sangat prioritas atau darurat saja. 

Tribun Medan/ M Azhari Tanjung
Jalan raya Binjai-Bukit Lawang di Kabupaten Langkat bagai kubangan kerbau, Selasa (15/12/2015). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara pada tahun lalu telah berencana memperbaiki ruas jalan yang menuju kawasan Wisata Bukit Lawang, Kabupaten Langkat.

Namun, rencana itu batal setelah pandemi covid-19 melanda Indonesia dan membuat Pemprov Sumut harus melakukan refocusing anggaran.

Padahal anggaran perbaikan jalan tersebut telah dialokasikan pada APBD tahun anggaran 2020.

"Tahun lalu sebenarnya sudah dianggarkan, namun karena pandemi tertunda. Anggarannya direfocusing sehingga kami hanya dapat mengerjakan yang sifatnya prioritas saja," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Sumut, Iswahyudi, Rabu (5/5/2021).

Adapun dalam APBD TA 2021, kemampuan Dinas BMBK Sumut hanya memiliki anggaran sekitar Rp 402 miliar untuk perbaikan jalan.

Anggaran tersebut, kata Iswahyudi, hanya mampu melaksanakan pekerjaan yang sifatnya sangat prioritas atau darurat saja. 

Di antaranya, perbaikan badan jalan akibat longsor (yang terjadi di 2020), pembangunan tembok penahan/ bronjong, dan perbaikan jembatan.

"Ya karena refocusing anggaran, tahun 2021 tidak ada alokasi anggaran ruas jalan dari Binjai menuju Bukit Lawang. Hanya ada di Jalan Gatot Subroto, Kota Binjai penanganan jalan sepanjang 2 kilometer," sebutnya.

"Dan mengenai surat yang disampaikan Ketua DPRD Sumut, Bapak Baskami Ginting, meminta perbaikan ruas jalan Binjai-Bukit Lawang tersebut telah kami sampaikan balasannya. Bahkan di tahun lalu pun mengenai persoalan ini telah kami sampaikan ke DPRD Sumut," ujarnya.

Sebelumnya melalui surat No.053/18/Sekr, tentang perbaikan jalan di Kabupaten Langkat, tertanggal 29 April 2021, Baskami Ginting meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi segera memperbaiki kerusakan jalan menuju objek wisata Bukit Lawang, Kabupaten Langkat yang kondisinya semakin hari kian parah.

Halaman
12
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved