Breaking News:

Soal Permintaan Jam Opersional Mall Hingga Pukul 10 Malam, Begini Respons Walkot Bobby

Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima masukan dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Sumatera Utara (Sumut).

Dok. Humas Pemerintah Kota Medan
Dokumentasi audiensi Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Sumatera Utara (Sumut) di Ruang Rapat Satu, Kantor Wali Kota Medan, pada Selasa (4/5/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution mengungkapkan, pada masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan harus menerima masukan dari para pelaku usaha agar dapat mengambil kebijakan yang tepat.

Hal tersebut disampaikan saat melakukan audiensi dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Sumatera Utara (Sumut) di Ruang Rapat Satu, Kantor Wali Kota Medan, pada Selasa (4/5/2021).

Adapun masukan yang dimaksud Bobby adalah soal jam beroperasi mall. Dalam audiensi tersebut Penasihat APPBI Sumut Herri Zulkarnaen meminta agar mall dapat kembali beroperasi hingga pukul 22.00 WIB atau 10 malam.

Menanggapi permintaan tersebut, Walkot Medan berpesan agar mall disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes).

“Jangan sampai lalai menerapkan prokes di dalam mall, perhatikan juga jumlah pengunjung yang datang, jangan sampai terjadi kerumunan di Mall," pesan Bobby, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan pada Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Dorong Pemerintahan Lebih Berkualitas, Pemkot Medan Hadiri Dialog Nasional SIPD dari Apeksi

Sementara itu, terkait permohonan Herry yang meminta dilakukan vaksinasi Covid-19 bagi para karyawan mall, Walkot Medan menjelaskan, pihaknya akan tetap memberikan vaksin bagi mereka.

“Pemkot Medan sudah menargetkan 75 persen masyarakat harus divaksinasi. Namun ada beberapa masyarakat yang memang diprioritaskan untuk divaksin, salah satunya lansia. Meskipun begitu, karyawan mall juga akan tetap divaksin untuk kategori ketiga," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Walkot Bobby mengingatkan kembali tentang program Pemkot Medan yang ingin meng-cover seluruh masyarakat di Kota Medan dengan BPJS Kesehatan.

“Namun Pemkot Medan hanya menampung masyarakat yang memang tidak memiliki penghasilan bulanan yang tetap,” ujarnya.

Baca juga: Walkot Bobby Hadiri Rakor Penanganan Covid-19, Jokowi Minta Kepala Daerah Waspada

Untuk itu, Bobby meminta APPBI untuk mendaftarkan seluruh karyawan ke BPJS Kesehatan, sesuai dengan program Pemkot Medan.

Adapun dalam audiensi tersebut, Penasihat APPBI Sumut menyatakan siap untuk mendukung kegiatan Pemkot medan dalam meningkatkan perekonomian.

Seperti diketahui, selama ini APPBI Sumut kerap bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Medan, seperti menggelar great sale dengan Dinas Pariwisata Kota Medan, misalnya.

“Selain itu, kami juga terus menjalin kerja sama dengan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Medan untuk mengembangkan UMKM yang ada,” kata Herri.

Tidak hanya menyampaikan permohonan vaksinasi karyawan dan perpanjangan jam operasional Mall saja, Herri juga meminta keringanan untuk mengurangi pajak parkir, pajak reklame dan lainnya yang selama ini dibebankan pada pihak Mall.

Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved