Breaking News:

Walkot Bobby Harap Masyarakat Rayakan Takbiran dan Idul Fitri di Masjid dan Terapkan Prokes

Wali Kota Bobby mengajak masyarakat menghindari penambahan kasus Covid-19 dengan merayakan takbiran dan shalat Id di masjid dengan menerapkan prokes.

DOK. Humas Pemkot Medan
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat melakukan Safari Ramadhan di Masjid Perjuangan 45, Jalan HM Yamin, Kelurahan Sei Kera Hilir II, Kecamatan Medan Perjuangan, Selasa (4/5/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wali Kota (Walkot) Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution berharap, pengurus masjid mengajak jemaah menunaikan ibadah shalat Idul Fitri dan perayaan takbiran di masjid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Penerapan protokol kesehatan ini merupakan salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya saat melakukan Safari Ramadhan di Masjid Perjuangan 45, Jalan HM Yamin, Kelurahan Sei Kera Hilir II, Kecamatan Medan Perjuangan, Selasa (4/5/2021).

Bobby mengatakan, kejadian di India dapat menjadi pelajaran. Penambahan kasus Covid-19 di negara tersebut bisa mencapai 300.000 per hari. Salah satu penyebabnya adalah kegiatan keagamaan.

Dia pun menegaskan, dirinya tidak ingin ibadah umat muslim pada Ramadhan dan silaturahmi 1 Syawal dikatakan memicu peningkatan kasus Covid-19.

“Jumlah masjid di Medan ada 1.115. Ini artinya, ada 1.115 titik lokasi takbiran dan salat Id di Medan. Oleh karena itu, protokol kesehatan tetap dijalankan dalam pelaksanaan ibadah,” terangnya seperti keterangan tertulisnya.

Masjid gerakkan perekonomian syariah

Lebih lanjut, Bobby mengatakan, pandemi Covid-19 telah memukul perekonomian umat, terutama mereka yang bekerja harian. Dalam hal ini, menurutnya, masjid juga dapat berperan untuk memulihkan perekonomian umat.

Bobby menyebut, ekonomi syariah pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan melalui masjid, bukan dari perbankan.

Peran masjid dalam menggerakkan perekonomian syariah ini bertujuan untuk mengayomi umat, termasuk mereka yang terdampak pandemi.

Pada kesempatan ini, Bobby pun menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan telah mencanangkan Program Masjid Mandiri pekan lalu.

Halaman
12
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved