Breaking News:

Perbaikan Jalan ke Bukit Lawang Langkat Terkendala Refocusing Anggaran

Anggarannya direfocusing sehingga kami hanya dapat mengerjakan yang sifatnya prioritas saja.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Tribun Medan / Abdi Tumanggor
PENGENDARA sepeda motor melintas di Jalan Merdeka, Tanjung Langkat, Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat rusak parah dan tidak mendapat perhatian dari pemerintah Langkat. 

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara pada tahun lalu telah berencana memperbaiki ruas jalan yang menuju kawasan Wisata Bukit Lawang, Kabupaten Langkat.

Namun, rencana itu batal setelah pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan membuat Pemprov Sumut harus melakukan refocusing anggaran. Padahal anggaran perbaikan jalan tersebut telah dialokasikan pada APBD tahun anggaran 2020.

"Tahun lalu sebenarnya sudah dianggarkan, namun karena pandemi tertunda. Anggarannya direfocusing sehingga kami hanya dapat mengerjakan yang sifatnya prioritas saja," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Sumut, Iswahyudi, Rabu (5/5/2021).

Adapun dalam APBD TA 2021, kemampuan Dinas BMBK Sumut hanya memiliki anggaran sekitar Rp 402 miliar untuk perbaikan jalan.

Anggaran tersebut, kata Iswahyudi, hanya mampu melaksanakan pekerjaan yang sifatnya sangat prioritas atau darurat saja. Di antaranya, perbaikan badan jalan akibat longsor (yang terjadi di 2020), pembangunan tembok penahan (bronjong), dan perbaikan jembatan.

"Ya karena refocusing anggaran, tahun 2021 tidak ada alokasi anggaran ruas jalan dari Binjai menuju Bukit Lawang. Hanya ada di Jalan Gatot Subroto, Kota Binjai penanganan jalan sepanjang 2 kilometer," sebutnya.

"Dan mengenai surat yang disampaikan Ketua DPRD Sumut, Bapak Baskami Ginting, meminta perbaikan ruas jalan Binjai-Bukit Lawang tersebut telah kami sampaikan balasannya. Bahkan di tahun lalu pun mengenai persoalan ini telah kami sampaikan ke DPRD Sumut," ujarnya.

Sebelumnya melalui surat No.053/18/Sekr, tentang perbaikan jalan di Kabupaten Langkat, tertanggal 29 April 2021, Baskami Ginting meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi segera memperbaiki kerusakan jalan menuju objek wisata Bukit Lawang, Kabupaten Langkat yang kondisinya semakin hari kian parah.

Baca juga: Pemko Medan Targetkan Jalan Rusak Beres Dalam Dua Tahun, Pengamat: Jangan Asal Jadi

Baskami meminta anggaran perbaikan jalan tersebut dialokasikan di P.APBD 2021 atau R.APBD 2022. Dan Gubernur Sumut diminta menindaklanjuti hasil peninjauan lapangan yang dilakukan Panitia Khusus LKPj Gubernur Sumit TA 2020 ke Kabupaten Langkat, 29 April 2021.

Dalam surat itu disebutkan juga bahwa, tim Pansus LKPj Gubernur Sumut telah menemukan status jalan yang kondisinya parah, yaitu ruas jalan Langkat mulai dari Kota Binjai menuju Brahrang Desa Timbang Lawang menuju objek wisata Bukit Lawang.

Surat yang ditandatangani Baskami Ginting selaku Ketua DPRD Sumut kemudian ditembuskan ke Bupati Langkat, Kepala Dinas BMBK Sumut Kepala Dinas ESDM, Kepala Dishub Sumut, karena kerusakan jalan yang terjadi di Langkat saat ini diakibatkan banyaknya truk-truk mengangkut hasil galian C melebihi tonase, sehingga mengakibatkan kerusakan jalan di Langkat.

"Kita berharap Gubernur Sumut menindaklanjutinya, karena jalan tersebut sangat urgen yang dapat meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor kepariwisataan, perkebunan dan pertanian," kata Baskami.(ind/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved