Breaking News:

Tak Terbukti Tipu Anggota DPR RI Miliaran Rupiah, Halim Wijaya Menangis Haru Divonis Bebas Hakim

Dinilai tidak terbukti melakukan penipuan miliaran rupiah terhadap anggota DPR RI Rudi Hartono, terdakwa Halim Wijaya divonis bebas

TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN
Halim Wijaya, terdakwa kasus penipuan anggota DPR RI, mendengarkan vonis bebas yang dibacakan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (6/5/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinilai tidak terbukti melakukan penipuan miliaran rupiah terhadap anggota DPR RI Rudi Hartono, terdakwa Halim Wijaya divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (6/5/2021).

Dalam sidang yang digelar di ruang cakra 9 itu, Halim tampak menitihkan air mata mendengar Hakim Ketua Mery Dona membacakan vonis bebas terhadap dirinya.

Hakim menilai terdakwa tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan, sebagaimana yang didakwakan Jaksa kepadanya.

"Membebaskan terdakwa oleh karena itu dari seluruh dakwaan penuntut umum, memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, dan harkat serta martabatnya, memerintahkan terdakwa dikeluarkan dari tahanan," vonis hakim.

Usai membacakan vonis, hakim pun menanyakan sikap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahmi Shafrina terhadap putusan itu.

Jaksa yang sebelumnya menuntut Halim dengan pidana penjara selama 3 tahun dan 8 bulan, mengatakan akan mengajukan kasasi.

"Kita mengajukan kasasi," pungkas Jaksa.

Baca juga: Teperdaya Keturunan Ratu Pantai Selatan, Anggota DPR RI Ini Transfer Uang Miliaran, Ini Kesaksiannya

Sementara itu, ditemui usai sidang Halim dengan mata berkaca-kaca, mengatakan sangat mengapresiasi putusan majelis hakim. Dikatakannya vonis tersebut sudah mencerminkan keadilan baginya.

"Inilah kebenarannya, semua yang dituduhkan kepada saya adalah kebohongan, yang dia (Rudi Hartono) lakukan itu adalah untuk kepentingan pilkada dia, tapi kami yang dijadikan korban," kata Halim.

Selain itu, Halim juga berharap agar rekannya terdakwa Siska Sari juga dapat dibebaskan, karena menurutnya Siska juga korban dalam perkara ini.

Halaman
123
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved