Breaking News:

News Video

DETIK-detik Demo Tolak Harga BBM Ricuh, 7 Demonstran Dibawa ke Kantor Polisi

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kesejahteraan Sumatera Utara menggelar aksi di depan Rumah Dinas Gubernur Sumut

TRIBUN-MEDAN.COM - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kesejahteraan Sumatera Utara menggelar aksi di depan Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jumat (7/5/2021) sore.

Berdasarkan amatan wartawan Tribun Medan, selang beberapa menit demonstran satu per satu langsung diamankan aparat yang telah stand by di depan Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara.

Pihak keamanan yang berbaju Satpol PP menarik seorang mahasiswa yang menggunakan almamater hijau.

Tampak kepala mahasiswa tersebut dipiting.

"Woy, tolong-tolong," teriak mahasiswa tersebut sembari ditarik Satpol PP menuju mobil kepolisian.

Diketahui, aksi mahasiswa ini dalam rangka untuk menolak Kenaikan BBM di Sumut dan meminta agar Pergub No 1 Tahun 2021 untuk dicabut.

Rencananya aksi ini akan menggelar bakar ban dan teatrikal.

Irham Sadani selaku satu di antara mahasiswa yang berdemonstrasi menjelaskan, mereka dibubarkan paksa sekitar pukul 16.30 WIB.

Kini, sekitar tujuh mahasiswa diangkut oleh pihak kepolisian ke Polrestabes Medan.

"Kronologinya, saat mau melakukan aksi di depan Rumah Dinas Gubernur pihak Satpol PP dan kepolisian ramai mendatangi. Mereka katakan ada aturan tidak boleh ada yang demo di rumah dinas gubernur," jelasnya.

Setelah itu, lanjutnya, para demonstran diusir paksa dengan cara diseret bahkan ada yang terkena pukulan dan sepakan dari petugas.

Saat itu mereka pun mendengar ucapan dari pihak kepolisian agar wartawan tidak ada yang meliput aksi yang mereka gelar.

"Dengan itu kami tegaskan kepolisian dan satpol PP telah melanggar HAM perihal menyuarakan pendapat. Serta melakukan tindakan anarkis kepada gerakan mahasiswa terkait penolakan harga BBM di Sumut. Bahwa gubernur Sumut memang tidak bermartabat," pungkasnya.

(cr6/tribun-medan.com)
Penulis: Kristen edi sidauruk
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved