Breaking News:

TERBARU Aksi Perlawanan KKB Papua di Malam Hari, Semoga Seluruh Prajurit Kita Selamat

Mendapat provokasi dari KKB, aparat keamanan tidak terpancing dengan aksi tersebut dan tidak melepaskan tembakan balasan.

KOMPAS TV
KKB di Papua melakukan aksi perlawanan di malam hari. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Di saat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo terbang ke Papua, Kamis (6/5/2021) sore, langsung disambut pihak KKB yang telah dilabeli menjadi kelompok teroris pada Kamis (6/5/2021) malamnya.

Sebelumnya, Panglima Hadi mengatakan, ia memang kerap kali menerima laporan dari bawahannya terkait kondisi keamanan di Papua. Namun, ia merasa perlu terbang ke Papua untuk berkoordinasi secara langsung dengan para aparat yang bertugas di lapangan.

"Dapat pula kami laporkan bahwa sore hari ini saya beserta kapolri akan berangkat menuju ke Papua," kata Hadi dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR, Kamis siang kemarin. "Tentu saja komunikasi dan diskusi secara langsung dengan para komandan di lapangan sangat kami perlukan," lanjut Hadi.

Di sela-sela peninjauan langsung oleh Panglima TNI dan Kapolri tersebut, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua melakukan aksi menembak di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (6/5/2021) malam.

KKB melakukan penembakan ke Polres Puncak, Ilaga, Papua.

"Mereka melepas tembakan tiga kali ke Polres Puncak di Ilaga," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri di Timika, Kamis (6/5/2021). 

Mendapat provokasi dari KKB, aparat keamanan tidak terpancing dengan aksi tersebut dan tidak melepaskan tembakan balasan.

Fakhri memastikan situasi keamanan di Distrik Ilaga sudah kembali kondusif walau KKB melepaskan tembakan.

Meskipun begitu, ada sekitar 100 warga yang bermukim di sekitar Mapolres Puncak yang mengungsi ke Kantor Bupati Puncak untuk mencari perlindungan.

"Sekitar 100 warga dari arah Kimak saat ini di Kantor Bupati untuk berlindung, mereka takut jadi sasaran tembak KKB," kata Fakhiri.

Halaman
1234
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved