Breaking News:

Vaksinasi Massal di Toba

Vaksinasi Massal di Toba, Bupati Poltak Sitorus Berharap Vaksinasi Berlanjut hingga Kecamatan

Vaksinasi massal di Kabupaten Toba diselenggarakan di pendopo Kantor Bupati pada Jumat (7/5/2021).

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Tribun-medan.com/ Maurits Pardosi
Vaksinasi lansia yang dilakukan di Toba dalam kegiatan vaksinasi massal di Pendopo Kantor Bupati Toba pada Jumat (7/5/2021). (Tribun-medan.com/ Maurits Pardosi) 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Vaksinasi massal di Kabupaten Toba diselenggarakan di pendopo Kantor Bupati pada Jumat (7/5/2021).

Bupati Toba Poltak Sitorus berharap vaksinasi tersebut bisa terealisasi hingga tingkat kecamatan.

"Kita bersyukur proses vaksinasi berjalan lancar, terlebih kepada lansia. Kita berharap vaksinasi akan berlanjut hingga ke kecamatan-kecamatan," ujar Poltak di sela-sela vaksinasi massal di pendopo Kantor Bupati Toba, Jumat.

Ia juga menyampaikan bahwa Satgas Covid-19 berkoordinasi dengan Kepolisian dan TNI akan memastikan penerapan protokol kesehatan terutama pemakaian masker saat vaksinasi sedang berlangsung.

Walaupun vaksinasi massal mengakibatkan orang ramai, namun Bupati Toba Poltak Sitorus memastikan vaksinasi massal tidak akan menimbulkan klaster baru.

"Jadi sudah dijaga betul, sebelumnya juga sudah dilakukan screening terhadap warga yang akan divaksin. Kita harapkan hingga vaksinasi selesai, aman semuanya," lanjutnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Toba, Siti Nuraya Sirait mengatakan, Kapolda Sumut sebelumnya telah menyerahkan bantuan sebanyak 2.000 dosis yang akan dikhususkan bagi lansia dan petugas layanan publik, yakni guru.

"Vaksin bantuan pak Kapolda yang digunakan hari ini jenis AstraZeneca dengan interval vaksin tahap pertama dan kedua antara 8 hingga 12 minggu," ujar Siti Nuraya.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Survelens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Toba, Tridarma Putra Simanjuntak mengatakan, vaksinasi massal kali ini menyasar sekitar 500 orang yang terdiri dari lansia dari Kecamatan Tampahan, Balige dan Laguboti sebanyak 180 orang, Guru Paud TK, SD, SMP 230 orang, Jurnalis 30 orang, pelaku wisata 30 orang dan pelaku usaha 30 orang.

"Petugas medis kita turunkan 9 tim yang terdiri antara 8 hingga 12 orang. Kita harapkan vaksinasi hari ini bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu pada pukul 16.00 nanti. Meski demikian, untuk hari ini saja kita siapkan 1.000 dosis, mana kala ada penambahan jumlah yang akan divaksin, kita siap," pungkas Tridarma.

Dari informasi, yang mendaftar ada sebanyak 667 orang. Namun, ada sejumlah 32 orang yang gagal saat discreening.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved