Breaking News:

TRIBUNWIKI

Liberhot Pardede, 11 Tahun Berpetualang di Alam, Tuai Banyak Pelajaran Berarti

Dari perjalanannya selama 11 tahun, ia menuai banyak pelajaran berarti dalam hidup yang baginya tak bisa dibeli oleh uang.

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Ayu Prasandi
HO
Liberhot Pardede, petualang dari Kota Balige  

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - "Petualangan itu lebih pada pengenalan diri. Alam ini mengajarkan banyak hal. Selama bertualang, alam tak pernah berdusta dan mengkhianati," ujar seorang petualang Liberhot Pardede saat berbagi cerita dengan www.tribun-medan.com, Sabtu (8/5/2021). 

Pria yang akrab dipanggil Liber ini telah bertualang sejak tahun 2010.

Menjiwai petualangan baginya sesuatu yang mengasyikkan. Pasalnya, sembari bertualang ia juga sedang mengasah kepekaannya terhadap alam. 

Liberhot Pardede, petualang dari Kota Balige 
Liberhot Pardede, petualang dari Kota Balige  (HO)

Petualangan yang mayoritas di kawasan hutan dan perbukitan Toba mengajarkannya akan indahnya kawasan Toba dan melihat secara jelas potensi yang dapat dikembangkan di kawasan Toba, secara khusus di bidang pariwisata. 

Bahkan, semenjak kecintaannya tumbuh akan petualangan, ia telah memulai mengabadikan kegiatannya dalam bentuk koleksi foto dan tulisan.

Ia mengaku tak cakap menulis, ia ingin menjadikan  petualangannya dalam sebuah buku yang kemudian menjadi warisan bagi para petualang berikutnya. 

Baca juga: KABAR DUKA Pendiri Sepatu Vans Paul Van Doren Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun

Bertualang di kawasan hutan dan perbukitan Kabupaten Toba adalah santapannya saat pulang dari perantauannya di pulau Jawa.

Saat bertualang, ia juga kerap menemui rintangan; cuaca, medan  dan juga situasi ekstrem. 

Sehingga, ia yakin bahwa kematian sudah menjadi sahabatnya. Dan, ia juga mengatakan bahwa dirinya senantiasa yakin bahwa dalam bertualang setiap orang harus mampu menjadikan ketakutan menjadi penghormatan. 

"Kalau cuaca itu dah pasti. Kadang kita enggak tahu bahwa cuaca tiba-tiba mengancam. Hal sama juga tentang medannya, kita enggak tahu juga medannya seperti yang terlihat. Pernah suatu ketika saya temui medan yang di luar dugaan," sambungnya. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved