Breaking News:

PDAM Tirta Wampu Sewa Lahan Bangun Boster Penampung Air

Boster ini akan menopang kebutuhan air bersih bagi warga yang bertempat tinggal di Kecamatan Pangkalan Susu dan Besitang.

Penulis: Satia
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN-MEDAN.com
SUASANA kantor PDAM Tirta Wampu Kabupaten Langkat. 

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wampu akhirnya meminjam pakai lahan HGU milik PT Mirabilis Tunggal Tualang (PT MTT), guna membangun boster penampung air.

Nantinya, boster ini akan menopang kebutuhan air bersih bagi warga yang bertempat tinggal di Kecamatan Pangkalan Susu dan Besitang.

PDAM Tirta Wampu akan menyewa lahan milik PT MTT seluas 30x30 M2.

"Alhamdulillah PT. MTT telah menyepakati usulan kita ini," ungkap Direktur PDAM Tirta Wampu, Herman di kantornya, pekan lalu.

Boster ini akan dimulai dibangun setelah pinjam pakai lahan ini telah menuai titik terang. 

Upaya ini, kata Herman sesuai intruksi Bupati Langkat Terbit Rencana, yakni masyarakat dipelosok desa harus mendapatkan fasilitas air bersih dengan baik.

Mekanisme pinjam pakai lahan, lanjut Herman, diawali menyurati PT Mirabilis dengan surat Direktur PDAM Tirta Wampu Kabupaten Langkat No.690-184/PDAM/III/2021 mengenai izin pinjam pakai tanah. Surat ini merujuk dari Surat Bupati Langkat No.500-804/Ekon/2021, perihal pinjam pakai tanah PT MTT tertanggal 20 April 2021.

"Alhamdulillah kita mendapatkan balasan sesuai yang diharapkan, PT MMT setuju dinyatakan dengan surat balasan No.031/MTT/Ext/IV/2021 tertangal 28 April 2021," ungkapnya.

Dari surat itu, sambung Herman, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Pihaknya pun bersedia memenuhinya melalui serangkaian negosiasi yang baik.

Sejumlah persyaratan itu adalah melakukan perpindahan lokasi dari titik kordinat awal yang dimohonkan N4.00.659.E98.11.955 ke titik kordinat baru N=4.012899 E=98.199225. Serta PDAM bersedia memberikan diskon untuk pemasangan fasilitas saluran air bersih di perumahan kebun PT.MTT.

"Kita sepakat, titik kordinat juga sudah ditetapkan dengan melakukan join survei. Jadi tinggal menunggu proses selesainya pembangunan, Boster langsung dioperasikan tahun ini," kata Herman.

entara, Direktur PT MTT, Paul BM Siahaan mengatakan, pada prinsipnya pihaknya mendukung program pemerintah untuk percepatan pelayanan air bersih di Kecamatan Besitang dan sekitarnya. Jadi permohonan dari PDAM diterima. "Terpenting perjanjian ini disepakati berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya.(wen/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved