SAE Nababan Tutup Usia

Pdt SAE Nababan Disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Lusa Dikebumikan di Siborongborong

meritus Ephorus Pdt Dr Soritua Albert Ernst LID atau karib disapa SAE Nababan disemayamkan hari ini di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

TRIBUN MEDAN / HO
Kondisi rumah duka Emeritus Ephorus Pdt Dr Soritua Albert Ernst LID di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (9/5/2021). Almarhum SAE Nababan akan dikebumikan pada Selasa (11/5/2021) di Siborongborong, Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Victory Arrival Hutauruk

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Emeritus Ephorus Pdt Dr Soritua Albert Ernst LID atau karib disapa SAE Nababan disemayamkan hari ini di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (9/5/2021).

Amatan tribunmedan.com, di dalam foto yang diupload salah satu Pendeta Ressort HKBP Immanuel Kelapa Gading bernama Jarudin Panjaitan di akun media sosial Facebook terlihat almarhum telah dibaringkan di ruangan yang dipenuhi dengan bunga putih disekelilingnya.

Terlihat para pelayat juga hanya bisa melihat almarhum dari jarak 1 meter disebabkan adanya pembatas.

Puluhan pelayat juga melakukan ibadah penghiburan untuk keluarga almarhum dengan berjarak satu dengan yang lain sesuai protokol kesehatan Covid19.

Baca juga: Pendeta Saut Sirait Kisahkan Sepak Terjang Ompui Ephorus Emeritus HKBP SAE Nababan Bela Rakyat Kecil

Dalam foto tersebut Pendeta Ressort Jarudin Panjaitan menuliskan caption "Melayat Almarhum amang Pdt Dr. Dr (HC) S.A.E Nababan,LID (Ephorus HKBP 1986-1998), rap dohot HKBP Distrik VIII DKI Jakarta margogo jala tarapul ma keluarga di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto," tulisnya yang diupload sekitar pukul 17.00 WIB.

Saat dikonfirmasi, Pendeta Jarudin Panjaitan menerangkan bahwa almarhum akan dikebumikan pada Selasa (11/5/2021) di kampung halaman Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut.

"Pemakaman akan dilaksanakan hari Selasa di kampung halaman beliau di Siborongborong," ungkapnya kepada tribunmedan.com, Minggu (9/5/2021).

Ia menyebutkan bahwa almarhum nantinya akan diterbangkan dengan pesawat carteran dari Jakarta ke Bandara Silangit.

Pendeta SAE Nababan, tokoh pergerakan Oikumene.
Pendeta SAE Nababan, tokoh pergerakan Oikumene. (HO)

Dilansir dari website SAEnababan.com, diketahui nama lengkap dari Pendeta SAE Nababan adalah Pdt. Dr (HC). Soritua Albert Ernst Nababan LlD.

Pendeta SAE Nababan lebih banyak dikenal generasi menjelang era reformasi. Baik oleh warga jemaat HKBP maupun para aktivis demokrasi kala itu.

Pendeta SAE Nababan lahir di Tarutung 24 Mei 1933 lalu. 

Baca juga: Biodata SAE Nababan, Eks Presiden Gereja Dunia Wafat, Ini Perjalanan Hidup Pendeta 5 Zaman

Ia mempersunting Alida Lientje Tobing, perempuan yang awal dikenalnya sebagai guru sekolah minggu.

“Saat itu saya memang tidak memberikan perhatian khusus kepadanya, karena pembawaannya yang rendah hati,” kenang SAE dalam bukunya Selagi Masih Siang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved