Breaking News:

SAE Nababan Tutup Usia

Jenazah Pendeta SAE Nababan Akan Disemayamkan di Gereja HKBP Sabungan Siborongborong

SAE Nababan akan dimakamkan di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, Selasa (10/5/2021) besok.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
SAENababan.com
Pendeta SAE Nababan semasa hidup 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Almarhum Ompui Emeritus Ephorus HKBP Pendeta Soritua Albert Ernst atau karib disapa SAE Nababan akan dimakamkan di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, Selasa (10/5/2021) besok.

Ketua Pelaksana Pelayanan Naposo Bulung Distrik (PPND) X Medan-Aceh Sahala Saragi menuturkan, jasad SAE Nababan rencananya akan diterbangkan pukul 07.00 pagi dari Jakarta ke Bandara Silangit, Sumut.

"Jadi besok, Selasa (10/5/2021) direncanakan keberangkatan Ompui Emeritus Pendeta Dr SAE Nababan dari Jakarta bersama dengan keluarga pada pukul 07.00 WIB," ungkap Sahala Saragi saat dikonfirmasi Tribunmedan.id pada Senin (10/5/2021).

Baca juga: Jejak SAE Nababan di Masa Konflik HKBP, Tak Gentar Hadapi Jenderal Rezim Orba

Pendeta SAE Nababan saat masih muda
Pendeta SAE Nababan saat masih muda (SAENababan.com)

Setibanya di Bandara Silangit, jenazah SAE Nababan akan disemayamkan di Gereja HKBP Sabungan, Siborongborong dan dilanjutkan dengan penguburan di tempat pemakaman keluarga.

"Diperkirakan di Silangit sudah tiba pukul 9.30 WIB dan akan langsung dibawa ke Gereja HKBP Sabungan, Siborongborong. Selesai dari acara gereja, langsung dikebumikan di pemakaman keluarga di Jalan Sisingamangaraja Nomor 139," sambungnya.

Sebagai orang kepercayaan Pendeta SAE Nababan, dan juga mantan Ketua PPND X Medan-Aceh sejak 1998 hingga 1999, Sahala Saragi menyampaikan bahwa buah pemikiran almarhum menjadi karya nyata dari kejujuran dan ketulusan hati mendampingi jemaat HKBP, secara khusus bagi kaum muda atau yang kerap disebut Naposo Bulung HKBP.

Baca juga: Jenazah Pendeta SAE Nababan Akan Diterbangkan Naik Pesawat Carteran, Dimakamkan di Siborongborong

Kondisi rumah duka Emeritus Ephorus Pdt Dr Soritua Albert Ernst LID di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (9/5/2021). Almarhum SAE Nababan akan dikebumikan pada Selasa (11/5/2021) di Siborongborong, Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara.
Kondisi rumah duka Emeritus Ephorus Pdt Dr Soritua Albert Ernst LID di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (9/5/2021). Almarhum SAE Nababan akan dikebumikan pada Selasa (11/5/2021) di Siborongborong, Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara. (TRIBUN MEDAN / HO)

Sahala Saragi menambahkan bahwa percakapan intensnya yang terakhir pada tahun 2018. Saat berbincang, ia berbagi cerita bagaimana kondisi terkini; sisi politis, budaya, sosial, dan hal lain yang bersinggunhan dengan masyarakat sekitar Sumatera Utara.

"Beliau ini sangat komit dengan pemberdayaan pemuda HKBP. Dampak kehadirannya bagi Naposo Bulung HKBP sangat besar. Selama dipimpin oleh Pendeta SAE Nababan, kita diajari disiplin, secara khusus tepat waktu," ungkapnya.

"Berulang-ulang saya bertemu dengan Ephorus Ompui Pendeta SAE Nababan, tidak boleh satu menit pun terlambat," pungkasnya.

Baca juga: SOSOK ISTRI Pdt SAE Nababan Alida Lientje Tobing, Wanita Rendah Hati Tabah saat Terjadi Krisis HKBP

Pendeta Ressort HKBP Immanuel Kelapa Gading, Jakarta, Jarudin Panjaitan menerangkan bahwa almarhum nantinya akan diterbangkan dengan pesawat carteran dari Jakarta ke Bandara Silangit, Sumut, dan selanjutnya dibawa ke Siborongborong.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved