Breaking News:

Penyekatan Mudik di Sumut 2021

Penyekatan Mudik di Toba Kian Menggerus Jumlah Pelanggan Hotel dan Homestay

Sejak masa pandemi Covid-19, jumlah pelanggan hotel dan homestay di Kabupaten Toba menurun secara drastis.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun-medan.com/ Maurits Pardosi
LARANGAN MUDIK - Pos pengamanan Kota Balige dan jalanan sepi pada hari pertama penyekatan, Kamis (6/5/2021). Seorang anggota TNI bertugas melakukan pengamanan. (Tribun-medan.com/ Maurits Pardosi) 

Masa Penyekatan di Kabupaten Toba, Jumlah Pesanan Hotel Menurun Drastis, Ini Keterangan Pelaku Wisata

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Sejak masa pandemi Covid-19, jumlah pelanggan hotel dan homestay di Kabupaten Toba menurun secara drastis.

Secara khusus pada liburan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H dan ditambah lagi dengan adanya penyekatan perjalanan.

Terkait hal ini, seorang pelaku wisata Patrick Lumbanraja sudah berkoordinasi dengan sejumlah hotel yang biasanya ramai saat liburan Ramadhan dan Idul Fitri.

Dalam penuturannya, ia menyampaikan bahwa pengusaha hotel dan homestay mengeluh karena jumlah pelanggan menurun drastis.

"Kalau untuktahun ini, jelas sangat menurun. Bahkan, dari tahun yang lalu dan sudah Covid-19 juga jumlah pelanggan hotel dan homestay sudah menurun," ujar pelaku wisata Patrick Lumbanraja saat dikonfirmasi Tribunmedan.id pada Senin (10/5/2021).

"Dibandingkan sekarang, lebih turun lagi. Bahkan ada yang kosong hotelnya di sini. Yang pasti banyak sekali perbedaanya di masa sekarang. Bahkan ada hotel yang tahun lalu tutup. Jadi kita tanya juga homestay, hal sama terjadi. Kosong pengunjung,"

Ia meyakini bahwa alasan berkurangnya jumlah pengunjung dan pemesan hotel dan homestay adalah akibat adanya pembatasan ataupun penyekatan pada masa liburan ini.

"Dan itu memang udah pasti karena pembatasan ini. Yang kita juga ada juga hotel yang biasanya dihuni oleh orang dalam perjalanan dinas. Hal sama dialaminya, jumlah pengunjung hampir tidak ada," terangnya.

Awalnya timbul pertanyaan apakah pelanggan beralih dari hotel ke homestay, ternyata tidak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved