Breaking News:

Serap Keluhan Warga Kampung Nelayan, Bobby Instruksikan Bangun Tanggul untuk Cegah Banjir Rob

Wali Kota Medan berharap, dibangunnya tanggul tersebut dapat membuat warga lebih tenang dan bisa merayakan hari raya Idul Fitri dengan suka cita.

Penulis: Dwi Nur Hayati (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Dok. Humas Pemkot Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat mengunjungi warga Lingkungan VII, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (10/5/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wali Kota Medan Bobby Nasution menginstruksikan kepada Camat Medan Labuhan Rudi Asriandi untuk berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan agar membangun tanggul di Kampung Nelayan guna mencegah banjir rob atau air pasang.

"Insyaallah, besok saya akan menurunkan alat berat untuk mengerjakan benteng. Sementara ini, benteng akan dibuat dengan tanah, namun dibuat setinggi 4 meter guna mengantisipasi jika air laut pasang sehingga warga tidak mengalami terjadinya banjir rob," ujar Bobby, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan, Senin (10/5/2021).

Ia berharap, dibangunnya tanggul tersebut dapat membuat warga lebih tenang dan bisa merayakan Idul Fitri dengan suka cita.

Hal tersebut, Bobby sampaikan sebagai solusi usai mendengar keluhan warga terkait banjir rob saat mengunjungi warga Lingkungan VII, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (10/5/2021).

Dalam kunjungan itu, orang nomor satu se-Medan ini pun langsung meninjau tanggul yang telah dibangun warga seadanya. Menurutnya, tanggul sepanjang 700 meter (m) tersebut tidak akan kuat menahan air pasang.

Oleh karena itu, Bobby meminta pihak terkait untuk membangun dasar tanggul dengan lebar 6 m. Kemudian dari dasar dibangun tanggul kedua dengan lebar 4 m guna menahan air pasang agar rumah warga tidak tergenang banjir.

“Untuk pengerjaan akan dimulai pada Selasa (11/5/2021),” katanya, yang turut didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan Benny Iskandar dan Camat Medan Labuhan Rudi Asriandi.

Harapan warga Kampung Nelayan

Seperti diketahui, warga Kampung Nelayan sebelumnya berharap agar Wali Kota Bobby dapat mengatasi persoalan banjir tersebut.

Pasalnya, dua bulan sekali rumah mereka selalu menjadi langganan banjir karena benteng yang ada cukup rendah. Akibatnya setiap kali pasang, air langsung melimpah dan menggenangi rumah warga dengan ketinggian lebih dari 1 m.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved