Breaking News:

Kesehatan

PENYAKIT DIABETES saat Lebaran? Cara Hindari Kolesterol dan Diabetes, Penjelasan Dokter Menu Pilihan

momen Lebaran ini, anda harus memahami bahwa ada banyak penyakit yang bisa dialami jika tidak mengendalikan porsi makan anda.

Editor: Salomo Tarigan
istockphoto
Menu Lebaran 

* Berikut cara menghindari Kolesterol dan Diabetes saat Lebaran, satu di antaranya memilih menu baik untuk dikonsumsi  

* Dokter menjelaskan terkait Diabetes dan Kolesterol, penyakit yang bisa dialami saat Lebaran jika tidak mengendalikan porsi makan Anda.

TRIBUN-MEDAN.com- Hari raya Idul Fitri selalu dimanfaatkan banyak Muslim untuk bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat dekat sambil menyantap hidangan khas Lebaran yang biasanya 'bersantan'.  

Nah, saat menyantap 'makanan berat' pada momen Lebaran ini, anda harus memahami bahwa ada banyak penyakit yang bisa dialami jika tidak mengendalikan porsi makan anda.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Gastroenterohepatologi RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG mengatakan bahwa bulan Ramadan merupakan momen yang tepat untuk melakukan detoksifikasi tubuh.

Mulai dari mengendalikan kolesterol, hingga menjaga berat badan ideal karena waktu makan yang hanya dilakukan saat sahur dan berbuka puasa.

Namun saat masuk momen Lebaran, biasanya masyarakat yang merayakannya, tidak mengendalikan porsi 'makanan enak' yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Akibatnya berat badan bisa melonjak dan memicu timbulnya penyakit lain.

"Nah problemnya pada saat lebaran ini apapun kita konsumsi. (Lalu) apa yang akan terjadi? Yang akan terjadi adalah penyakit-penyakit yang sudah bisa kita kendalikan, kayak berat badan yang biasanya dalam dua hari pertama itu sudah turun 2 hingga 3 kilo, bisa kembali bahkan bisa lebih tinggi lagi ya, karena tidak kita perhatikan," ujar Prof Ari, dalam talk show live Instagram @rscm.kencana bertajuk 'Antisipasi Penyakit Pasca Lebaran', Senin (10/5/2021) lalu.

KONDISI KRISDAYANTI Tanpa Suami Raul Lemos, KD Unggah Foto Lebaran Beda tanpa Daddy

Termasuk munculnya penyakit seperti kolesterol dan diabetes.  

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved