Breaking News:

Dampak Guguran Beruntun Sinabung, Jarak Luncur Awan Panas Mencapai 4.000 Meter

Pasca Awan Panas Guguran (APG) yang terjadi beruntun pada Kamis (13/5/2021) malam, saat ini aktivitas dari Gunung Sinabung masih terpantau fluktuatif.

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Capture PVMBG
Gunung Sinabung mengalami erupsi pada Kamis (13/5/2021). (Capture PVMBG) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Pasca Awan Panas Guguran (APG) yang terjadi beruntun pada Kamis (13/5/2021) malam, saat ini aktivitas dari Gunung Sinabung masih terpantau fluktuatif.

Petugas pengamat Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan, aktivitas kegempaan yang menimbulkan guguran sudah jauh berkurang.

Namun, pihaknya masih mencatat adanya gempa-gempa dari dalam perut Gunung Sinabung.

"Kalau untuk gugurannya sudah berkurang, tapi untuk kegempaan masih ada," ujar Armen, Jumat (14/5/2021).

Armen menjelaskan, untuk sisa material dari APG kemarin pihaknya melihat jika ujung dari awan panas ini sudah sampai ke danau dan aliran sungai Lau Borus.

Dengan kondisi ini, maka pihaknya memperkirakan jika jarak luncur dari peristiwa APG beruntun kemarin mencapai 4.000 meter.

"Untuk jarak luncur kita perkirakan mencapai 4000 meter, dengan arah luncuran yang masih sama yang mengarah ke Timur Tenggara," ucapnya.

Berdasarkan video yang diunggah Armen di akun media sosialnya, terlihat Armen memperlihatkan adanya aktivitas penguapan atau steam di sekitar aliran sungai Lau Borus.

Ia menjelaskan, aktivitas ini dikarenakan adanya pertemuan suhu panas dari APG yang bercampur dengan suhu dingin dari air aliran sungai tersebut.

Armen menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih mencatat aktivitas vulkanik dari dalam perut Gunung Sinabung yang cukup tinggi.

Sehingga potensi untuk terjadinya erupsi dan awan panas guguran lanjutan masih dapat terus berpotensi.

(cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved