Breaking News:

Longsor dan Banjir Parapat

Pascabanjir Bandang Parapat, 6 Rumah dan Kendaraan Rusak

Pascabanjir Bandang yang menyapu Kota Wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, 6 Rumah dan Kendaraan Rusak.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Bobby Silalahi

Laporan Wartawan Tribun Medan / Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Pascabanjir Bandang yang menyapu Kota Wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun pada Kamis (13/5/2021) sore kemarin, para petugas gabungan berbagai instansi bersama warga membersihkan rumah-rumah dan sarana infrastruktur yang terkena dampak banjir bandang.

Warga sejak kemarin malam hingga Jumat (14/5/2021) hari ini, melakukan pembersihan material lumpur, ranting-ranting pohon dan sampah yang masuk ke dalam rumah.

Camat Girsang Sipangan Bolon, Maruwandi Yosua Simaibang menyampaikan data yang dirangkum pihak kecamatan di mana terdapat setidaknya 6 rumah yang mengalami kerusakan usai diterjang banjir.

"Sampai dengan saat ini, korban tidak ada. Kerusakan yang terjadi pascabanjir di Girsang Sipangan Bolon ada satu rumah alami kerusakan berat, 80 persen. Ada lima rumah lain rusak ringan, 20 persen," kata Camat.

Camat menambahkan, saat ini pihaknya sudah berkomunikasi dengan instansi terkait untuk melakukan pembersihan, pendataan, dan mengembalikan fungsi sarana publik berupa jalan yang sempat digenangi lumpur.

"Kita akan berkomunikasi dengan lintas sektoral yang ada. Melibatkan Dinas PU, BPBD Simalungun, dan stakeholder lainnya dengan jumlah petugas lebih kurang 150 orang," kata Camat.

Untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan, sementara waktu tinggal di rumah kerabat dekat, di samping petugas membantu membersihkan rumah.

Terkait penyebab banjir bandang ini, Camat hanya menjelaskan secara umum mengapa banjir bandang bisa datang dari bukit menuju Kota Wisata Parapat.

"Sampai saat ini memang, banjir turun dari Bukit Bangun Dolok di mana air yang datang di atas volume daya tampung sungai, sehingga air meluber," kata Camat.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved