Breaking News:

Bank Mandiri Region Sumatera I Simpan DPK Sebesar Rp 66,4 Triliun

Jumlah deposito tercatat menurun pada kuartal 1 2021, menurut Andrea Revalino, karena nasabah memindahkan ke instrumen investasi lain.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
Jajaran pimpinan Bank Mandiri Region 1/Sumatera I saat jumpa pers di Mandiri Tower, Senin (10/5/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Mandiri Region 1/ Sumatera 1 mengalami pertumbuhan sebesar 8,89 persen secara year on year (yoy) dari Rp61,07 triliun pada Kuartal 1 2020.

Pada kuartal 1 tahun 2021, Bank Mandiri Sumatera 1 mencatat dana pihak ketiga (DPK) yang disimpan di perbankan regional ini mencapai Rp66,4 triliun.

“Kalau kita lihat sendiri, di Bank Mandiri DPK dibandingkan Maret 2020 ke 2021 tumbuh 8,89 persen. Tumbuh paling tinggi di giro hingga 11 persen,” kata Regional Transaction and Consumer Head Bank Mandiri Region 1/ Sumatera 1 Andrea Revalino, Selasa (18/5/2021).

Secara yoy, DPK dalam bentuk giro di wilayah kerja Region 1/Sumatera 1 bertumbuh dari Rp27,66 triliun menjadi 30,92 triliun di Kuartal 1 2021. Simpanan dalam bentuk tabungan juga naik sebesar 11 persen.

Sementara itu, jumlah deposito tercatat menurun pada kuartal 1 2021. Dikatakan Andrea, penurunan ini sehubungan dengan menurunnya tingkat suku bunga bank acuan dari Bank Indonesia.

“Deposito turun karena Bank Mandiri menurunkan tingkat suku bunga, sehingga nasabah memindahkan ke instrumen investasi lain yang lebih memberikan return tinggi,” ujarnya.

Selain itu, Andrea menyebutkan untuk di Region 1/ Sumatera 1, layanan perbankan Mandiri Agen mengalami pertumbuhan signifikan. 

Melalui layanan ini, transaksi di pelosok daerah tumbuh hingga dua kali lipat dan jumlah nasabah bertambah hingga 6.700 orang.

"Kita memang ingin dorong agen mandiri untuk memperluas customer kita. Inikan banyak di pelosok seperti Parapat, Dumai. Memang banyak sekali masyarakat yang tidak terjangkau," kata Andrea. 

Melalui layanan ini, nasabah di daerah pelosok dapat melakukan aktivitas perbankan, seperti pembukaan rekening tabungan, setor dan tarik tunai, transfer dana, melakukan pembayaran, tanpa harus datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri.

"Dari agen mandiri kita berharap agar masyarakat tidak perlu lagi mencari di cabang karena disana dia bisa dilayani dengan baik," ucapnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved