Breaking News:

Bulog Sumut Pastikan Tak Perlu Beras Impor Beras Hingga Akhir Tahun, Ada Cadangan 10 Ribu Ton

Dikatakan Arif, Sumut tidak punya masalah ketersediaan beras dengan stok mencapai 10 ribu ton.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Kepala Bulog Sumut saat melakukan panen raya beberapa waktu lalu. Bolug Sumut memastikan persedian beras cukup sampai akhir tahun. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Indonesia dipastikan tidak akan melakukan pengimporan beras hingga akhir tahun. 

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dalam rapat dengan Komisi IV DPR hari ini, Selasa (18/5/2021) lantaran kecukupan beras sudah berada di batas aman sebanyak hampir 1,5 juta ton.

"Itu adalah kebijakan pusat. Artinya jika beliau sudah mengatakan demikian, artinya cukup untuk seluruh Indonesia. Itu sudah keputusan final," ungkap Kepala Bulog Kanwil Sumut, Arif Mandu, Selasa (18/5/2021).

Dikatakan Arif, Sumut tidak punya masalah ketersediaan beras dengan stok mencapai 10 ribu ton. Adapun perbandingan untuk stok ini 50:50 antara beras impor dan serapan beras lokal.

"Sumut masih ada 10 ribu ton. Cukup untuk kebutuhan selama tiga bulan ke depan. Kalau ada kurang stok di Sumut, stok yang ada di Jawa Timur dan Sulsel bisa digeser," ujarnya.

Arif menyebutkan bahwa saat ini Sumut hampir menyelesaikan panen rendengan (masa bercocok tanam pada saat musim hujan) dan akan dilanjutkan dengan panen gadu (padi yang ditanam di musim kemarau) Agustus mendatang. 

"Kita akan ada panen gadu lagi di bulan Agustus sampai September. Kalau sekarang sudah hampir selesai untuk panen rendengan. Kalau di Sumut ya di sentra seperti Deliserdang, Sergai, sampai ke Kisaran dan Rantau Parapat," tuturnya.

Terkait hal Ini, Arif juga mengatakan bahwa cuaca yang tak menentu saat ini tak memberikan pengaruh kepada kualitas beras lokal.

"Saya kira hujan panas saat ini masih kategori normal dan tidak berpengaruh signifikan kepada kualitas beras," pungkasnya. (cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved