Breaking News:

Kasus Covid 19 di Sumut

Jubir Satgas Covid: Puskesmas Batang Kuis Seharusnya Ditutup Sementara

Satgas Covid-19 Sumatera Utara menanggapi kebijakan Puskesmas Batang Kuis yang tetap buka meski puluhan stafnya positif Covid-19.

TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD ANIL RASYID
Kepala UPT Puskesmas Batangkuis dr Aguswan. Puskesmas ini memutuskan untuk tetap membuka pelayanan meskipun puluhan stafnya dinyatakan positif Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Goklas Wisely

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara menanggapi kebijakan Puskesmas Batang Kuis yang tetap buka meski puluhan stafnya positif Covid-19. 

"Seharusnya ditutup," kata Juru Bicara Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah, Selasa (18/5/2021). 

Ia pun mengaku belum mendapatkan informasi bahwa puluhan staf Puskesmas Batang Kuis terpapar Covid-19. Maka dari itu ia menjelaskan untuk konfirmasi lebih lanjut ke dinas kesehatan Deliserdang. 

"Saya belum dapat informasinya. Mungkin bisa ditanyakan ke Dinas Kesehatan Deliserdang langsung," sebutnya.  

Meski puluhan staf Puskesmas Rawat Inap Batang Kuis, di Jalan Pancasila, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang, Sumatera Utara, terkonfirmasi positif Covid-19, pelayanan-pelayanan yang yang tersedia tetap berjalanan seperti biasanya.

"Untuk pelayanan-pelayanan seperti pengambilan obat paru, pemeriksaan kehamilan, atau yang melahirkan kami juga tetap layani, dan rawat inap tetap kami layani 24 jam," ucap Kepala Puskesmas Batang Kuis, dr Aguswan, Selasa (18/5/2021).

Sementara itu, untuk staf yang terkonfirmasi positif Covid-19 sekarang seluruhnya sudah di isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Alhamdulillah saat ini puskesmas kami tidak lockdown. Tapi kami mengurangi jam dan personel pekerja kami dan pembatasan-pembatasan pasien yang kami lakukan. Begitu juga dengan alur-alurnya kami ubah agar lebih sederhana," ucap dr Aguswan

Diketahui, sebanyak 21 orang yang merupakan staf Puskesmas Rawat Inap Batang Kuis positif Covid-19 

"Kami di Puskesmas Batangkuis dengan masukan tim pakar kabupaten mengadakan swab massal di Puskesmas Batangkuis. Swab  massal itu kami lakukan selama dua hari, (11/5/2021) dan (12/5/2021) dengan jumlah staf Puskesmas Batangkuis berjumlah 76 orang," ucap dr Aguswan.

Lanjut dr Aguswan, setelah di swab ternyata dapat hasilnya dan terkonfimasi sebanyak 21 orang staf positif Covid-19.

"Untuk staf kami yang terkonfirmasi positif Covid-19 sekarang seluruhnya sudah di isolasi mandiri di rumah masing-masing. Karena semua staf kami tidak ada gejala, meski gejala ringan ada, tapi tidak begitu berarti karena kami orang medis bisalah menangani sendiri dengan mengkonsumsi vitamin, makanan yang bergizi di rumah masing-masing," ucap dr Aguswan.

"Alhamdulillah sampai hari ini semua dalam keadaan sehat, dan menunggu swab yang kedua," lanjutnya.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved