Breaking News:

Larangan Mudik Berakhir, Hari Ini Bandara Kualanamu Layani 15 Ribu Penumpang

Total rencana penerbangan hari ini adalah sebanyak 112 penerbangan dengan prediksi 15 ribu penumpang. 

TRIBUN MEDAN/DIAN NUR UTAMA SARAGIH
Check In di Bandar Udara Internasional Kualanamu tampak ramai, Selasa (18/5/2021) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Dian Nur Utama Saragih

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bandar Udara Internasional Kualanamu (KNO) terpantau ramai setelah berakhirnya aturan larangan mudik, Selasa (18/5/2021) siang. 

Angkasa Pura II Bandara KNO memprediksi jumlah penumpang akan meningkat dibandingkan saat masa pelarangan mudik (6-17 Mei 2021).  

Sampai berita ini ditulis, telah terdata total sekitar tujuh ribu penumpang di Bandara KNO, penumpang datang (arrival) dan keberangkatan (departure). 

“Diprediksi jumlah penumpang hari ini akan meningkat dibandingkan hari kemarin (17 Mei 2021),” kata Fajri Ramdani, PH Manager Of Branch Com & Legal melalui Humas AP II Bandara KNO, Selasa (18/5/2021) siang. 

Total rencana penerbangan hari ini pun merupakan yang terbanyak setelah diberlakukannya masa pengetatan mudik sejak 22 April 2021 lalu.

Total rencana penerbangan tersebut adalah sebanyak 112 penerbangan dengan prediksi 15 ribu penumpang. 

“Jumlah ini justru masih jauh di bawah kalau dibandingkan saat masa non pandemi. Masa non pandemi Bandara KNO melayani sekitar 20-22 rb penumpang perhari, selama masa pandemi rata-rata hanya melayani sekitar 9-14 rb penumpang perhari,” ujarnya. 

Sedangkan pada masa pengetatan mudik sejak 22 April lalu hingga saat ini, Bandara KNO hanya melayani sekitar 100-300 penumpang per hari.

“Selama masa pengetatan ini justru jumlah pesawat kargo yang naik. Biasanya pesawat khusus kargo itu hanya berangkat sekitar lima kali dalam seminggu, sedangkan saat-saat ini keberangkatannya sekitar tiga kali dalam sehari,” katanya. 

Adapun Bandara KNO sempat mengalami peningkatan penerbangan selama masa pengetatan mudik yaitu pada 15 Mei 2021 dengan total 55 penerbangan (arrival & departure)

Sedangkan pada 17 Mei 2021 hanya ada 21 penerbangan (arrival & departure) dengan total penumpang 1.074 (A: 609 D: 465), dan total Kargo 74.554 (A: 54.740 D: 19.814). 

Pada masa ini, Bandara KNO sama sekali tidak ada menerima kedatangan kargo dari penerbangan internasional dan hanya memberangkatkan dua penumpang penerbangan internasional. 

“Walaupun ada pengetatan mudik, Bandara KNO tetap membuka layanan penerbangan internasional sesuai dengan ketentuan Satgas Penanganan Covid-19, hanya saja volumenya tidak sebanyak hari-hari biasa, dalam seminggu hanya ada sekitar 2-3 kali penerbangan,” katanya. 

Penumpang yang datang dari luar negeri pun nantinya akan dikarantina selama 5 hari, ada yang karantina mandiri dan ada pula yang dikarantina oleh pemerintah, penumpang yang dikarantina oleh pemerintah nantinya akan dijemput dan langsung diantar ke lokasi karantina. 

(cr15/ tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved