Breaking News:

Merger Gojek dan Tokopedia, 10 Ribuan UMKM Siap Jangkau Konsumen Lebih Luas

Hingga saat ini ada sekitar 10 ribu UMKM yang terdaftar di Tokopedia yang kemungkinan besar akan berpengaruh untuk pemesanan

Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Goto
GoJek dan Tokopedia bergabung menjadi Goto. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gojek dan Tokopedia, Senin (17/5/2021) resmi merger membentuk grup GoTo, sebagai bentuk kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

Saat dikonfirmasi kepada VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengungkapkan bahwa bergabungnya dua perusahaan raksasa ini akan memberikan dampak cukup besar untuk Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar dua persen.

"Ekosistem Grup GoTo mewakili 2 persen dari total PDB Indonesia dan akan semakin berkembang melayani 270 juta konsumen Indonesia, termasuk di Sumatera Utara, serta pasar negara berkembang lainnya di Asia Tenggara," ungkap Nuraini.

Terkait teknis regulasi di daerah, khususnya Regional Medan, Leader Tokopedia Area Medan, Wiwid mengungkapkan bahwa hingga saat ini Tokopedia regional sedang menunggu arahan teknis dari pusat.

Baca juga: Tokopedia dan Gojek Merger Jadi GoTo, Kolaborasi Terbesar Dua Perusahaan Internet

"Skenarionya untuk yang di Medan belum ada kita masih menunggu info dari tim regional grup extention bagaimana tahapannya," ungkap Wiwid kepada Tribun.

Dikatakan Wiwid, hingga saat ini ada sekitar 10 ribu UMKM yang terdaftar di Tokopedia yang kemungkinan besar akan berpengaruh untuk pemesanan dengan bersatunya dua perusahaan raksasa ini.

"UMKM yang udah gabung di Sumut lebih dari 10.000 nanti akan ikut gabung di GoTo," ujarnya.

Senada dengan Tokopedia, Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan bahwa untuk mitra driver di GoTo akan berada di jaringan mobilitas dan pengiriman yang terpadat dan tercepat di kawasan Asia Tenggara.

"Para mitra driver juga akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar, antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, di luar dari layanan pengiriman makanan dan transportasi yang sudah tersedia saat ini," kata Nila.

Tak hanya itu, bagi para konsumen juga turut mendapat kemudahan dengan pengantaran yang jauh lebih cepat sampai ke tangan konsumen.

"Sementara konsumen akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik, termasuk pembelian dan pengantaran yang lebih cepat, akses ke pilihan barang dan jasa yang terlengkap, dan inovasi dukungan pelanggan lainnya," pungkasnya.

Terkait hal ini, Head of Regional Corporate Affair Gojek Sumbagut Aji Wirdandi juga menyebutkan untuk regional Sumbagut masih menunggu arahan dari pusat.

"Kalau untuk cakupan per wilayah belum karena ini kan masih secara nasional," pungkas Aji.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved