Breaking News:

Aneka Tips Membuat Adonan Donat Lembut dan Mengembang Sempurna

Baik donat panggang maupun donat goreng, proses mengaduk dan proofing adonan adalah faktor penentu hasil akhir yang enak.

Sajian Sedap
Donat Kayu Manis 

TRIBUN-MEDAN.com - Donat, salah satu camilan sore yang membuatnya mudah. Namun, kamu harus perhatikan cara membuat donat agar hasil adonan lembut dan mengembang sempurna.

Baik donat panggang maupun donat goreng, proses mengaduk dan proofing adonan adalah faktor penentu hasil akhir yang enak.

Simak cara membuat adonan donat mengembang sempurna dan lembut dari buku "Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga - Donat Goreng & Panggang" oleh Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

1. Aduk adonan donat sampai kalis

Mengaduk adonan menjadi langkah awal membuat donat. Usahakan mengaduk adonan doat sampai kalis. Tujuannya agar tekstur donat baik dan lembut.

2. Istirahatkan adonan donat

Setelah mengaduk adonan donat sampai kalis, istirahatkan selama lebih kurang 20-45 menit. Diamkan sampai mengembang dua kali lipat dari ukuran semula.

Pastikan untuk menyimpan adonan dalam wadah bertutup lap basah pada proses proofing tersebut. Lap basah bertujuan untuk menghindari adonan donat mengering.

3. Kempiskan adonan donat

Mengempiskan adonan donat setelah proofing untuk mengeluarkan udara dalam adonan.

Pasalnya, udara dalam adonan tersebut dapat membuat donat menjadi keras kalau tidak dikeluarkan.

Menurut Epicurious, cara mengempiskan adonan cukup menggunakan kepalan tangan. Pukul secara perlahan ke arah adonan sampai kempis.

Selanjutnya, uleni kembali adonan sebentar agar tercampur rata lagi.

4. Jangan over-proofing

Hindari adonan donat mengembang secara berlebihan (over-proofing) karena akan menyebabkan donat mudah kempes.

Berdasarkan Epicurious, adonan yang over-proofing membuat hasil akhir donat terlalu padat.

Akibat dari gluten akan mengambang ke titik maksimal sehingga tidak bisa menahan gelembung udara yang seharusnya memberikan tekstur roti.

Buku "Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga - Donat Goreng & Panggang" oleh Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama tersedia online di Gramedia.com.

Editor: Royandi Hutasoit
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved