Breaking News:

HEBOH Meninggal Setelah Vaksinasi Covid-19, Komnas KIPI Jelaskan yang Sebenarnya

Kabar meninggal diduga akibat vaksinasi dengan AztraZeneca sebanyak tiga orang.Namun, hal tersebut pun dibantah perihal diakibatkan vaksinasi

Editor: Salomo Tarigan
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan, Rabu (24/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Prof Hindra Irawan Satari menegaskan jika sampai saat ini tidak ada kasus meninggal karena vaksinasi Covid-19.  

Hal ini dijelaskan kembali karena mengingat banyaknya berita simpang siur yang mengaitkan beberapa kasus kematian akibat vaksin Covid-19.

Sontak, Prof Hindra Irawan Satari buka suara terkait anggapan tersebut.

Baca juga: Deliserdang Zona Merah Covid-19, Kapolresta Peringatkan Pelaku Usaha Hiburan Malam dan Restoran

Ia memaparkan secara detail anggapan beberapa kasus kematian yang diduga akibat vaksinasi Covid-19.

Menurut Komnas KIPI, ada 27 kasus kematian diduga akibat vaksinasi dengan Sinovac. Namun, setelah diinvestigasi, kematian tersebut tidak terkait dengan vaksinasi.

Dari kasus tersebut, nyatanya ada 10 kasus akibat terinfeksi Covid-19, lalu 14 orang karena penyakit jantung dan pembuluh darah, 1 orang karena gangguan fungsi ginjal secara mendadak dan 2 orang karena diabetes mellitus serta hipertensi tidak terkontrol.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Seorang Pasien Alami Kebutaan akibat Serangan Jamur Putih

“Kenapa kami bisa membuat diagnosis itu? Karena datanya lengkap. Diperiksa, dirawat di-rontgen, diperiksa lab, di CT-scan, dapat diagnosisnya,” Jelas Prof Hindra, berdasarkan informasi yang diterima Tribunnews, Sabtu (22/5/2021).

Sementara yang meninggal diduga akibat vaksinasi dengan AztraZeneca sebanyak tiga orang.

Namun, hal tersebut pun kembali dibantah perihal diakibatkan oleh vaksinasi, tetapi lebih karena penyakit lain.

Terkait hal tersebut, nyatanya tidak ada orang yang meninggal akibat vaksinasi Covid-19, hanya saja tak sedikit orang yang masih menganggap jika vaksinasi dapat menyebabkan dampak negatif bagi orang yang menerimanya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved