Breaking News:

Mual Sisingamangaraja XII di Kecamatan Borbor, Jadi Tempat Ziarah Dan Wisata

Bagi pengunjung, hal ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri, khususnya pecinta budaya dan sejarah Batak Toba. 

TRIBUN MEDAN/ MAURITS
Mual Sisingamangaraja XII 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Mata air yang diyakini bersumber dari kesaktian tongkat Raja Sisingamangaraja XII menghasilkan air yang sejuk dan jernih. 

Mata air yang dinamai Mual Sisingamangaraja XII ini berada di Desa Simare, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba bukan sebatas tempat wisata alam, namun juga sebagai tempat berziarah. 

Seorang pengunjung dan juga peziarah Liber Pardede menuturkan bahwa dirinya meluangkan waktu untuk berkunjung ke lokasi tersebut guna mengeksplorasi keindahan alam lokasi tersebut. 

Baca juga: Cari Anaknya Selama 12 Tahun Lamanya, Sang Ayah Nangis Haru Tahu Sebab Putranya tak Pernah Pulang

Sakralitas dan adanya kandungan mistis di lokasi tersebut membuat mual Sisingamangaraja XII ini memiliki cerita tersendiri sebagai bagian dari destinasi pariwisata. 

Mual Sisingamangaraja XII
Mual Sisingamangaraja XII (TRIBUN MEDAN/ MAURITS)

"Biarpun lokasi ini berada di tengah pohon Eukaliptus dan di pinggir jalan lintas, Aura Kesakralan tempat ini masih sangat terasa," ujar Liber Pardede pada Sabtu (22/5/2021). 

Dengan spontan, ia mengambil air jernih yang diyakini banyak orang sebagai lokasi persinggahan Sisingamangaraja XII di masa dulu. Jejak-jejak seperti ini sedang ia ekplor hingga kini. 

Setidaknya dari beberapa pengamatannya, ada beberapa titik yang menjadi lokasi persinggahan Raja Sisingamangaraja XII yang meninggalkan mata air. 

"Air dari mata air sangat segar dan juga pohon Jabijabi yang berdiri kokoh di antara pohon ekualipus menjadi tempat yang sangat tenang untuk menenangkan pikiran," sambungnya. 

Baca juga: Doni Mendadak Hilang saat Berenang di Pantai Pesanggrahan Danau Toba, Polisi dan Tim SAR Turun

Ia mengatakan air tersebut bukan hanya jernih, tetapi juga mampu mengahasilkan kesegaran. Bahkan, ia mengambil air dari sana 

"Selain air dari mata air sangat segar, juga sangat jernih. Air dari mual ini lebih segar dari air mineral yang saya bawa," ungkapnya. 

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved