Breaking News:

Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Terampil di Sumut, Kemnaker Laksanakan Pelatihan di Tempat Kerja

Pelatihan di tempat kerja terlaksana berkat kerjasama antara BBPLK Medan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Editor: Ismail
Dok. Humas BBPLK Medan
Kemnaker melalui BBPLK Medan melaksanakan pelatihan untuk pencari kerja di Sumatera Utara bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Jumat (21/5/2021), sebagai salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil, Kemnaker melalui BBPLK Medan melaksanakan pelatihan untuk pencari kerja di Sumatera Utara.

Pelatihan di tempat kerja terlaksana berkat kerjasama antara BBPLK Medan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Walikota Medan melalui Asisten Walikota menyampaikan apresiasi kepada BBPLK Medan serta DUDI yang telah berkolaborasi dalam penciptaan tenaga kerja terampil di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.

Direktur Pembinaan Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan, Muhammad Ali, S.S., M.A., Ph.D. mewakili Kementerian Ketenagakerjaan RI dan BBPLK Medan, mengatakan bahwa pelatihan di industri merupakan upaya Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam mengatasi mismatch yang selama ini terjadi di dunia pendidikan formal maupun non-formal.

Kemnaker melalui BBPLK Medan melaksanakan pelatihan untuk pencari kerja di Sumatera Utara bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).
Kemnaker melalui BBPLK Medan melaksanakan pelatihan untuk pencari kerja di Sumatera Utara bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). (Dok. Humas BBPLK Medan)

"Ketidakcocokan antara skill pencari kerja dengan kebutuhan pasar kerja atau lebih dikenal dengan istilah mismatch, di Indonesia mencapai angka 60,52%. Ini merupakan kondisi yang perlu mendapat perhatian dan langkah kongkrit dari lembaga dan institusi terkait. Salah satu upaya tersebut ialah melalui pelatihan di tempat kerja yang akan dilaksanakan ini," ungkap Ali.

Melalui pelatihan di industri, Ali berharap skill yang didapatkan oleh peserta pelatihan akan sesuai dengan kebutuhan yang ada di industri, sehingga angka mismatch dapat ditekan.

"Dengan berlatih langsung di industri, peserta akan mendapat kompetensi yang memang secara riil dibutuhkan di pasar kerja," pungkas Ali.

Selain pembukaan pelatihan, dilakukan pula penandatanganan MoU antara BBPLK Medan dengan DUDI yang akan menjadi mitra BBPLK Medan, antara lain PT. Eramas Coconut Industries, PT. Industri Karet Deli, PT. Socfin Indonesia, PT. Tanimas Soap Industries, CV. Buana Sari Gemilang, Bengkel Grand Sehat, CV. Horas, CV. Persada Dua Putra, PT. Trisula Perkasa, PT. Deli Eva Sandal, PT. Mutiara Mukti Farma, RS. Esmund, PT. Unggulan Kita Bersama, PT. Berkat Utama Nuansa, PT. Karya Mitra Andalan, PT. Prabu Jaya, PT. Laut United, dan PT. Asia Karet.

Turut hadir dapat kegiatan pembukaan pelatihan, unsur pemerintah Kota Medan yakni Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi, Dinas Perdagangan, serta unsur dari asosiasi dan komunitas yakni APINDO Sumut, FKLPI, dan Koekraf.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved