Breaking News:

Gunung Sinabung Hari Ini

Kubah Lava Gunung Sinabung Tercatat Masih Terus Bertambah, Aktivitas Vulkanik Fluktuatif

Bahkan, beberapa waktu terakhir aktivitas dari gunung api tertinggi di Sumatera Utara ini tercatat masih mengalami peningkatan.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Randy P.F Hutagaol
Tribun-medan.com/HO
Aktivitas Gunung Sinabung terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat, Minggu (23/5/2021). (Tribun-medan.com/HO) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Aktivitas vulkanik dari Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, hingga saat ini masih terus terpantau fluktuatif.

Bahkan, beberapa waktu terakhir aktivitas dari gunung api tertinggi di Sumatera Utara ini tercatat masih mengalami peningkatan.

Dengan tingginya aktivitas vulkanik ini, sempat menyebabkan gunung dengan tinggi 2.460 MDPL ini beberapa kali mengalami erupsi dan aktivitas awan panas.

Untuk awan panas sendiri, diketahui ada dua penyebab yaitu akibat erupsi atau letusan, dan karena guguran kubah lava yang ada di puncak gunung.

Berdasarkan pengamatan dari petugas yang ada di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, hingga saat ini aktivitas pertumbuhan kubah lava masih terus terjadi.

Meskipun kubah lava sudah beberapa kali terjadi guguran, namun kegempaan yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan kubah lava masih terus terjadi.

"Untuk pertumbuhan kubah lava, sampai saat ini masih terus terjadi meskipun tiga dapat kita amati secara pasti. Namun dari pengamatan kita, pertumbuhannya tetap ada," ujar pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, Minggu (23/5/2021).

Armen menjelaskan, adapun kegempaan yang dapat menyebabkan timbulnya kubah lava ialah gempa-gempa seperti hybrid dan embusan.

Dari kegempaan ini, material vulkanik dari dalam gunung Sinabung yang diembuskan namun dengan tekanan yang tidak terlampau besar, menyebabkan material menjadi mengeras dan menumpuk di puncak gunung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved