Breaking News:

Bandara Silangit Kini Turut Layani Tes GeNose Bagi Penumpang, Sehari Bisa Layani 200 Orang

Bandara Silangit kini mengaku bisa melayani tes GeNose-C19 terhadap calon penumpang dengan harga terjangkau

Penulis: Kartika Sari | Editor: Array A Argus
Istimewa
Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi tiba di Bandara Silangit, Taput, Sumut, Kamis (14/3/2019) petang. Jokowi dan rombongan disambut Gubernur Edy Rahmayadi 

TRIBUN-MEDAN.COM,TARUTUNG--Bandara Silangit di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara menjadi bandara pertama yang membuk layanan tes GeNose C-19

Menurut Manager of Finance & HR Angkasa Pura II Bandara Internasional Silangit Lisda Simatupang, layanan GeNose C-19 sudah berjalan sejak Senin (3/5/2021) lalu. 

Namun, pada masa peniadaan mudik periode 6 hingga 17 Mei kemarin, layanan ini dihentikan. 

“Mulai tanggal 18 sampai saat ini buka, dengan harga Rp 40 ribu. Hingga Sabtu kemarin, yang periksa GeNose di angka 100 (orang) ke atas. Tidak menentu tiap hari,” kata Lisda, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Tinjau Penerbangan Perdana Sejak Covid, Bupati Sebut Bandara Silangit Sudah Terapkan Protokol

Dia mengatakan, perharinya Bandara Silangit bisa melayani 170 sampai 200 calon penumpang.

Untuk memudahkan pemeriksaan, Bandara Silangit menyiagakan tujuh orang petugas tiap harinya. 

"Layanan ini dibuka mulai pukul 07:00 WIB hingga 15:00 WIB setiap hari," kata Lisda.

Bagi para calon penumpang yang akan melakukan pemeriksaan tes GeNose C-19 diwajibkan tidak makan/minum dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan tes.

Langkah yang perlu diperhatikan saat melakukan pengambilan sampel menggunakan kantong udara pada layanan GeNose C-19 adalah melakukan pengambilan nafas yang dalam melalui hidung dan diembuskan melalui mulut sebanyak tiga kali, pengambilan nafas pertama dan kedua diembuskan melalui mulut dengan masker tertutup.

Baca juga: Bandara SIlangit Mulai Beroperasi Kembali, Catat Jadwal Penerbangannya

Selanjutnya, pengambilan nafas ketiga diembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai dengan kondisi kantong udara penuh.

Setelah kantong udara terisi penuh, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara.

Selain Bandara Silangit, ada 14 Bandara lainnya yang sudah menerima layanan GeNose C-19 seperti Bandara Husein Sastranegara (Bandung).

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Thaha (Jambi), Bandara Depati Amir (Pangkal Pinang), Bandara H.A.S. Hanandjoeddin (Belitung).

Baca juga: Pengawasan di Bandara Silangit Diperketat, Bupati Taput Minta Warga Tunda Kepergian Keluar Negeri

Kemudian layanan GeNose C-19 juga berlaku di Radin Inten II (Lampung), Bandara Supadio (Pontianak), Bandara Minangkabau (Padang).

Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Banyuwangi (Banyuwangi), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru).(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved