Breaking News:

Resep Masakan

Cara Membuat Mie Kenyal Tidak Mudah Putus, Tanpa Bahan Kimia

Cara membuat mi gampang-gampang susah. Jika penggunaan bahannya keliru, mi menjadi keras dan mudah putus saat dimasak. 

PEXELS/ Katerina Holmes
Ilustrasi mengurangi mi telur sebelum diolah. 

TRIBUN-MEDAN.com - Mi merupakan salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi beragam hidangan. Alih-alih membeli, kamu bisa membuat mi sendiri di rumah. 

Cara membuat mi gampang-gampang susah. Jika penggunaan bahannya keliru, mi menjadi keras dan mudah putus saat dimasak. 

Buku "Membuat Mi dan Olahannya" karya Redaksi Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, membagikan cara dan tips membuat mi kenyal dan tidak mudah putus. Berikut uraiannya.

1. Gunakan tepung terigu protein tinggi 

Cara membuat mi kenyal tanpa pengawet tidak mustahil. Salah satu triknya yakni dengan menggunakan tepung terigu protein tinggi. 

 

Penggunaan tepung terigu protein tinggi dapat membuat hasil mi lebih kenyal dan lembut. Sebab, tepung ini memiliki kandungan gluten yang cukup tinggi. 

Terkadang beberapa orang pun menggunakan tepung beras untuk membuat mi. Terutama mereka yang alergi atau tidak makan gluten.

2. Tambahkan tepung sagu 

Tepung terigu dapat dicampur dengan bahan lainnya agar mi menjadi kenyal, misalnya tepung sagu. Selain tepung sagu, kamu pun dapat menambahkan tepung kanji. 

Dua jenis tepung ini bisa menjadi pengganti air ki yang kerap digunakan untuk pengenyal mi. Selain lebih aman, penggunaan tepung ini pun dapat membuat mi tidak bau. 

3. Perhatikan penggunaan air 

Air bisa dipakai ataupun tidak. Untuk mi yang dibuat menggunakan telur, penggunaan kadang tak diperlukan. Kalaupun perlu, pemakainnya pun sedikit. 

4. Gulung adonan dalam rolling pin 

Pembuat mi biasanya menggunakan penggiling khusus untuk menggilas adonan mi. Jika tidak punya, kamu bisa menggunakan rolling pin.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved