Breaking News:

Pelatihan Penjualan Online Paling Diminati, Insentif Kartu Prakerja Sudah Dicairkan

dana insentif yang disalurkan untuk 91 ribuan peserta ini berjumlah Rp 36 miliar ke peserta di Sumatera Utara

prakerja.go.id
Ilustrasi Kartu Prakerja. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Insentif Kartu Prakerja untuk batch 12-16 mulai awal tahun hingga April 2021 sudah mulai disalurkan kepada para penerima kartu Prakerja.

Ada pun dana insentif yang disalurkan untuk 91 ribuan peserta ini berjumlah Rp 36 miliar ke peserta di Sumatera Utara yang dicairkan paling banyak melalui e-money.

Kepala Dinas Ketenagagakerjaan Provinsi Sumatera Utara Bahar Siagian mengungkapkan bahwa 88 persen insentif atau sebesar Rp 31,68 miliar dicairkan lewat Ovo, Link Aja, Gopay, dan Dana.

“Berdasarkan rekening yang dipilih peserta, 12 persen dari insentif yang disalurkan lewat rekening bank,” kata Bahar, Rabu (26/5/2021).

Dikatakan Bahar, pelatihan dengan peminat terbanyak di Sumut diantaranya pelatihan penjualan dan pemasaran lewat Youtube, bisnis online, digital marketing, dan property agent.

Posisi kedua dengan peminat terbanyak adalah pelatihan mengenai gaya hidup, diantaranya membuat dan menjual masker, tata rias, dan fotografi.

Selanjutnya, berdasarkan data tersebut, peserta Kartu Prakerja di Sumut juga tertarik untuk mempelajari teknik memasak.

Baca juga: Menko Airlangga: Penerima Kartu Prakerja Diharapkan jadi Pahlawan Kebangkitan Ekonomi

Selain itu, berdasarkan platform digital, pelatihan wirausaha paling banyak diakses lewat platform Sekolah.Mu, Mau Belajar Apa, serta Pijar Mahir. Untuk pelatihan membuat masker, peserta Kartu Prakerja di Sumut mengakses pelatihan lewat platform Tokopedia dan Bukalapak.

Bahar menuturkan jika pada dasarnya pelatihan yang lebih efektif untuk masyarakat Sumatera Utara adalah pelatihan tatap muka.

“Harusnya kalau pelatihan harus tatap muka. Kalau saya lihat, nggak bisa kita tahu apa yang sebenarnya diminati peserta,” ujar Bahar.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved